Berita Hari Ini : Hadirnya LRT Akan Tambah Merusak Pemandangan Jakarta ?

0
1201
http://indowarta.com/8030/berita-hari-ini-per-1-oktober-nanti-tarif-krl-jabodetabek-naik-rp-1-000/

Berita Hari Ini : Hadirnya LRT Akan Tambah Merusak Pemandangan Jakarta ?

Indowarta.com– Mantan Menko Bdang Kemaritiman yakni Rizal Ramli mengatakan bahwa Prmprov DKI Jakarta harus membuat transportasi publik yang bisa mengurangi kemacetan di Ibui Kota. Namun Rizal mengaku bahwa dirinya tidak setuju dengan pembangunan Light Rail Transti (LRT). Menurut Rizal, LRT hanya akan merusak pemandangan di Jakarta.

Rizal di kediamannya pada hari Senin 22 Agustus 2016 mengatakan “Pak Ahok maunya bikin light train, kereta api ringan (LRT) di atas Kota Jakarta. Kalau kita bangun itu di Jakarta, Jakarta pemandangannya akan rusak, penuh dengan light train yang muter-muter,”.

Menurut Rizal, karena memerlukan trase yang dimiliki oleh pihak swasta, pembangunan LRT ini tidak akan berjalan dengan mudah. Tidak hanya itu, pembebasan tanah dan juga hal lainnya pupn juga dianggap sulit. Rizal mengatakan bahwa biayanya mahal yakni sebesar Rp 500 miliar per kilometer.

LRT

Menurut Rizal, transportasi publik yang dibangun di Jakarta seharunya adalah mass rapid transir atau sering disebut dengan MRT dari pada membangun LRT.

Rizal mengatakan “Kalau kami enggak akan melakukan itu (pembangunan LRT). Kami akan bikin aja lagi subway (MRT) di bawah. Sekarang itu kan cuma dari utara ke selatan, nanti kami bikin tenggara sama apa, kami bikin ring road di bawahnya, dalam 5 tahun bisa jadi (selesai),”.

Walauppun biayanya mahal yakni sebesar Rp 1 miliar per kilometer, namun MRT memiliki kapasitas empat kali lebih besar dibandingkan dengan LRT. Selain itu MRT juga tidak akan merusak pemandangan Jakarta.

Rizal mengatakan bahwa di terwongan MRT nanti juga bisa dibuat flat control, sistem drainase, pengelolaan lilmbah dan juga penataan kabel-kabel sehingga tidak terlihat berantakan. Selain itu di terowongan itu juga akan bisa digunakan sebagai tempat untuk para pengusaha kelas menengah ke bawah seperti yang sudah dilakukan di Tokyo Jepang.

Rizal sendiri juga digadang-gadang akan maju di dalam Pilkada DKI 2017. Dirinya mengkallim bahwa banyak tokoh dan juga elemen masyarakat yang sudah memberikan dukungan kepadanya. Namun, Rizal masih belum memutuskan apakah dirinya akan maju di dalam Pilkada ataupun tidak.

baca juga :

Berita Hari Ini : Per 1 Oktober Nanti, Tarif KRL Jabodetabek Naik Rp 1.000 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here