Ditetapkan Sebagai Tersangka, Nur Alam Sebenarnya Sudah Diusut Kejaksaan Sejak Tahun 2014 !

0
833
Nur Alam

Ditetapkan Sebagai Tersangka, Nur Alam Sebenarnya Sudah Diusut Kejaksaan Sejak Tahun 2014 !

Indowarta.com– Gubernuyr Sulawesi Tenggara yakni Nur Alam diduga sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi izin penerbitan usaha pertambangan pada hari Selasa 23 Agustus 2016 oleh Komisi Pemberantas Korupsi atau KPK.

Sebenarnya sejak tahun 2014 yang lalu Nur Alam sudah menjadi sasaran pengusutan oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara. Pada bulan Januari tahun 2014 lalu Jaksa Agung Muda Pidana Khusus yakni Widyo Purnomo telah memastikan sedang mengusut kasus dugaan suap Gubernur Sulawesi Tenggara yakni Nur Alam. Bahkan dia juga sempat sesumbar bahwa kasus ini akan meruap karena masih di dalam pengawasannya langsung.

Namun di delapan bulan kemudian ketika dirinya ditanyai mengenai kasus tersebut, Widyo mengatakan bahwa dirinya sudah lupa akan kasus itu pada akhir bulan Agustus 2014. Nur Alam sendiri telah terindikasi menerima aliran dana dari luar negeri.

Nur Alam

Kemudian informasi ini tidak hanya tersimpan di laci kejaksaan saja, salah satu aktivis antikorupsi Kendari ternyata juga sudah mengetahui hal tersebut. di dalam informasi tersebut, Nur Alam telah diduga menerima uang sebesar USD 4,5 juta dari seorang pengusaha yang bernama Mr. Chen.

Pria asalah Taiwan tersebut telah memiliki hubungan bisnis dengan PT. Billy Indonesia yang bergerak di bidang pertambangan dan beroperasi di Sulawesi Tenggara.

Kemudian pada bulan Oktober tahun lalu telah digelar aksi unjuk rasa yang menuntut kasus Nur Alam itu diusut. Aksi unjuk rasa tersebut digelar oleh para aktivis yang salah satunya mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Sultra. Salah satu aktivis yang bernama Al-Hayun mengatakan “Kalau memang terlibat, ya, harus diperiksa,”.

Karena mendapatkan tanggapan yang kurang memuaskan, aksi unjuk rasa tersebut kembali digelar pada bulan Desember. Berbekal data analisis dari PPATK, kejaksaan memulai penyelidikan kasus tersebut. Belakangan ini kejaksaan secara diam-diam telah menghentikan kasus ini dengan alasan Nur Alam sudah mengembalikan uang tersebut ke Richorp. Sementara itu Nur Alam sendiri telah mengelak bahwa dirinya mempunyai hubungan dnegan Mr. Chen.

baca juga :

Bantah Hanya Pura Pura, Kuasa Hukum Jessica Wongso Ungkapkan Penyakit Yang Didertia Client nya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here