Berita Hari Ini:’Susul’ Gempa Italia, Myanmar Digoyang Gempa 6.8 SR, Getaran Dirasakan Sampai Bangladesh !

0
1642

Berita Hari Ini:’Susul’ Gempa Italia, Myanmar Digoyang Gempa 6.8 SR, Getaran Dirasakan Sampai Bangladesh !

Indowarta.com– Myanmar bagian tengah telah diguncang dengan Gempa Myanmar yang memiliki kekuatan sebesar 6,8 skala Richter pada hari Kamis 25 Agustus 2016. Diketahui bahwa pusat gempa berada di wilayah Chauk yang hanya berjarak beberapa ratus kilometer di barat laut ibu Kota Naypyidaw.

Salah satu Bada Geologi Amerika Serikat menyebutkan bahwa titik gempat berada di sekitar 25 kilometer atau setara degnan 15,5 mil dari arah barat Chauk. Gempa ini memiliki kedalaman hingga 84 kilometer.

Tidak hanya Myanmar saja, Thailand, India, Bangladesh juga ikut merasakan getaran dari gempa ini. Gempa Myanmar ini juga meluluh lantahkan pagoda di pusat kota kuno Pagan yang berada di wilayah Madalay. Pagan adalah merupakan situs wisata utama Myanmar yang disitu terdapat ribuan menumen suci agama Budha. Kurang lebih ada 66 stupa di pagan yang mengalami kerusakan.

29473656183-gempa_myanmar

Sementara itu gempa ini juga menyebabkan seorang pria yang masih berusia 22 tahun meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan bangunan di Kota Pakokku.  Selain itu beberapa bagian gedung di parlemen di Ibu Kota Myanmar juga mengalami kerusakan akibar dari gempa yang melanda Myanmar ini. Beberapa gedung tinggi di kota Naypidaw juga mengalami kerusakan.

Soe Win yang merupakan seorang anggota parlemen daerah Mahway yang dekat dengan pusat gempa mengatakan bahwa Gempa Myanmar memang terasa selama beberapa menit. Sontak gempa ini juga membuat para warga merasa panik dan berlarian di jalanan. Terdapat 20 orang di Dhaka, Bangladesh mengalami luka-luka.

Sebelumnya gempa juga melanda Italia tepatnya sekitar 100 km di arah timur laut Roma yang tidak jauh dari Perugia. Gempa yang mengguncang Italia ini mempunyai kekuatan sebesar 6,2 skala Richter dan terjadi sekitar pukul 03.36 waktu setempat.

Sebagian besar korban tewas ada di Accumolli yang dekat dengan pusat gempa dan tidak jauh dari Amatrice. Sebanyak tiga perempat perumahan hancur karena gempa ini. Diyakini bahwa masih banyak orang yang terkubur di bawah puing-puing.

baca juga :

Berita Hari Ini : Penjual Kopi Jessica Dinilai Hanya Cari Sensasi, Pengacara Akan Ambil Jalur Hukum ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY