Berita Hari Ini : Peraturan Ganjil Genap Akan Mulai Pada 30 Agustus Besok, Denda Rp 500 Ribu Siap Menanti !

0
1280
sistema ganjil genap

Berita Hari Ini : Peraturan Ganjil Genap Akan Mulai Pada 30 Agustus Besok, Denda Rp 500 Ribu Siap Menanti !

Indowarta.com- Uji coba sistem ganjil genap kini memasuki detik-detik akhir. Dengan berakhirnya uji coba sistem ganjil genap ini, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berkerjasama dengan Polda Metro Jaya akan benar-benar memberlakukan sistem ganjil genap ini sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Kepala Dishubtrans yakni Andri Yansyah mengatakan bahwa pada tanggal 30 Agustus 2016 ini sesuai dengan pentahapan akan dilaksanakan penegakan hukum sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya‎ AKBP Budiyanto mengatakan, ketika uji coba sistem ganjil genap ini berakhir pada tanggal 30 Agustus 2016, maka pelanggar dari aturan tersebut akan dikenakan sansksi tilang.

Pada hari Kamis 25 Agustus 2016 Budiyanto mengatakan “Nanti pas 30 Agustus akan dilakukan penegakan hukum, dengan denda maksimal kurungan dua bulan atau denda Rp 500 ribu,”. selama masa uji coba sistem ganjil genap ini, kemacetan di jalan protokol Ibu Kota dinilai sudah berkurang. Masa uji coba ini sudah dilaksanakan dari 27 Juli 2016 sampai 30 Agustus 2016.

sistem pelat nomor ganjil genap

Gubernur DKI Jakarta yakni Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta hari Rabu 10 Agustus 2016 mengatakan bahwa sistem ini dinilai cukup berhasil. Walaupun masih banyak yang secara sengaja melanggar peraturan ini karena dianggap masih belum dikenakan sanksi tilang. Ahok mengatakan bahwa ukuran dari keberhasilan tersebut adalah dilihar dari jalanan yang tidak sepadat seperti biasanya.

Kepala Dishubtrans Andri Yansyah mengatakan bahwa sistem ganjil genap ini telah berhasil menurunkan waktu tempuh perjalanan hingga 19 persen. Rata-rata 18 menit menjadi 14,6 menit.

Tidak hanya menurunkan waktu tempuh perjalanan, sistema ganjil genap ini juga telah berhasil meningkatkan kecepatan berkendara sebesar 20 persen. Andri mengatakan “Meningkat 20 persen dari rata-rata 24,6 km/ jam menjadi 28,90 km/jam,”.

Sebelum diberlakukannya sistem ganjil genap ini, Pemerintah sudah memberlakukan sistem 3 in 1. Namun karena dinilai tidak berjalan dengan efektif, sistem tersebut diganti dengan sistem ganjil genap ini.

baca juga :

Berita Hari Ini : Mulai Tanggal 30 Agustus, Langgar Sistem Ganjil Genap Siap Siap Kena Denda Rp 500 Ribu !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here