Berita Hari Ini : Aktivitas Gunung Sinabung Makin Meningkat Dengan Terus Menerus Keluarkan Awan Panas !

0
1087
Berita terkini : Gunung Sinabung Erupsi Pagi ini, Tinggi Kolom Erupsi Capai 700 Meter !!

Berita Hari Ini : Aktivitas Gunung Sinabung Makin Meningkat Dengan Terus Menerus Keluarkan Awan Panas !

Indowarta.com– Aktivitas vulkanik dari Gunung Sinabung kini menjadi semakin tinggi. Hal ini disebabkan oleh tingginya tekanan dan juga suplai enegeri dari dapur magma. Bahkan kubah lava atau sumbat lava yang mempunyai volume sebesar 2,6 juta meter kubik dari kawah gunung kini sudah runtuh.

Hingga saat ini masih berlangsung Erupsi yang disertai dengan awan panas guguran secara terus menerus. Sejak tanggal 25 Agustus 2016 gempa guguran juga masih sangat tinggi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho pada hari Kamis 25 Agustus 2016 mengatakan bawha telah terjadi sebanyak 84 kali gempat dengan amplitude 5 hingga 110 milimeter. Lama dari gempa tersebut adalah 33 hingga 1.088 detik. Kondisi seperti ini telah menyebabkan erupsi dan masih akan terus berlangsung.

Gunung Sinabung

Sutopo telah menyatakan bahwa saat ini status Gunung Sinabung adalah Awas level 4. Potensi dari luncuran awan panas guguran kini masih sangat tinggi.masyarakat dihibau untuk menaati rekomendasi yang telah dibuat oleh PVMBG.

Masyarakat masih dilarang untuk melakukan aktivitas di zona merah yakni di dalam radius 3 kilometer dari puncak. Selain itu masyarakat yang masih berada di dalaml jarak 7 km untuk sektor selatan tenggara, 6 km untuk sektor tenggara timur, serta dalam jarak 4 km untuk sektor utara agar dilakukan evakuasi ke lokasi yang lebih aman.

Sutopo mengatakan “Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu diĀ  Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,”. Terkait dengan adanya erupsi dalam tiga hari terakhir ini, tida ada penambahan jumlah pengungsi.

Pada saat ini jumlah pengungsi berjumlah 2.592 KK atau 9.318 jiwa berada 9 posko pengungsian. Kebutuhan dasar bagi para pengungsi hingga saat ini masih tercukupi. Adapun para warga yang masih berada dan bermukin di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta untuk tetap wasapada terkait dengan bahaya lahar.

baca juga :

Berita Terkini : Satu Warga Tewas Lantaran Program Relokasi Pengungsi Sinabung Ricuh !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here