Berita Hari Ini: 6 Provinsi Ini Masih Siaga Darurat Akan Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan !

0
848
Kebakaran Hutan

Berita Hari Ini: 6 Provinsi Ini Masih Siaga Darurat Akan Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan !

Indowarta.com Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana yakni  (BNPB) yakni Willem Rampangilei mengajak segenap kementerian atau lembaga, dunia usaha dan juga masyarakat serta pemerintah daerah untuk menjaga lingkungan sekitar mereka agar tidak terbakar.

Pada saat menghadiri acara rapat koordinasi penanggulangan siaga darurat Kejadian Luar Biasa (KLB) Rabies di Kantor Gubernur, Kalimantan Barat yang digelar pada hari Kamis 25 Agustus 2016, Willem mengatakan “Pencegahannya adalah mengidentifikasi daerah yang rawan kebakaran, meningkatkan sistem peringatan dini agar api yang masih kecil mudah dipadamkan, serta sosialisasi kepada masyarakat dan penegakan hukum”.

Selain itu Willem juga menyebutkan bahwa ada perubahan tentang pola untuk hujan buatan yang telah dilakukan oleh Tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pada tahun ini. Pada tahun sebelumnya koordinasi dilakukan oleh pemerintah provinsi karena kekuragnan sumber daya manusia. Namun pada tahun ini, TMC akan dikoordinasi langsung oleh pusat dan akan dialokasikan pada daerah yang membutuhkan untuk hujan buatan.

Kebakaran Hutan

Willem mengatakan bahwa Posko dan juga Incident Commander akan selalu aktif dan beroperasi. Briefing akan dilakukan setiap pagi dan juga sore hari untuk melakukan evaluasi sehingga pihaknya akan terus waspada terhadap Kebakaran hutan dan lahan.

Enam provinsi pada saat ini telah dinyatakan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan pada saat ini. Enam provinsi tersebut adalah Riau (7 Maret-30 November 2016), Sumatera Selatan (1 Maret -30 November 2016), Jambi (1 Juni Р1 September 2016), Kalimantan Barat (1 Juni Р1 September 2016), Kalimantan Tengah (11 Juni Р14 Oktober 2016),  dan Kalimantan Selatan (15 Agustus Р15 November 2016).

Sejumlah perangkat untuk pemadaman termasuk juga dukungan operasi udara dengan menggunakan water bombong, Air Tractor Fix wing dan TMC pesawat Cassa 212, Water Bombing menggunakan pesawat jenis Mi-8, Mi-71, Kamov, Sikorsy, Bell dan Bolco juga akan dikerahkan untuk hal ini. Willem mengatakan “Total semua dukungan udara adalah 17 pesawat/helikopter. Selain itu BNPB juga akan mendukung peralatan yang dibutuhkan untuk pemadaman api operasi darat,”.

baca juga :

Ditetapkan Sebagai Tersangka, Nur Alam Sebenarnya Sudah Diusut Kejaksaan Sejak Tahun 2014 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here