Berita Hari Ini : Begini Komentar Sosiolog Mengenai Viralnya Cerita Humor Mukidi Di Berbagai Medsos!

0
1577
Mukidi

Berita Hari Ini : Begini Komentar Sosiolog Mengenai Viralnya Cerita Humor Mukidi Di Berbagai Medsos!

Indowarta.comMukidi, kini menjadi salah satu tokoh yang paling banyak diperbincangkan beberapa hari terakhir ini. Mukidi merupakan salah satu tokoh fiksi dengan kisah humornya. Kini tokoh ini telah menjadi viral di berbagai media sosial dan juga aplikasi pesan instan.

Menurut JF Waouw menyebutkan bahwa fenomena Mukidi ini bukanlah hanya sekedar sebagai guyonan saja yang berhasil mengocok perut pembacanya. Di dalam beberapa kisahnya, sosok Mukidi ini juga digunakan sebagai personifikasi atau perumpamaan untuk membuat kritik hal-ha yang sedang terjadi di masyarakat.

JF Warouw mengatakan “Selain untuk lucu-lucuan, saya lihat Mukidi itu sebagai personifikasi mengenai sesuatu yang terjadi saat ini. Dia dipakai untuk mewakili sosok yang ingin dibicarakan tanpa harus menyinggung langsung orang yang bersangkutan,”.

mukidi

Sosiolog yang berasal dari Universitas Indonesia ini telah melihat bahwa fenomena ini muncul karena media internet sudah tidak aman lagi untuk menyampaikan kritikan. Menurutnya, tidak jarang juga orang yang terseret ke meja hukum karena telah menyampaikan kritikannya di media internet.

JF Warouw mengatakan “Sekarang kan kalau menyinggung seseorang melalui internet, sudah ada suatu badan yang memonitor dan itu bisa dipidana. Dengan memakai sosok Mukidi, masyarakat bisa lebih aman untuk menyampaikan kritikan,”.

Mukidi bisa mewakili siapa saja karena saat ini Mukidi juga dikonstruksikan secara global. JF Warouw mengatakan bahwa cerita tersebut memang bercerita tentang sosok Mukidi, namun masyarakat pasti tahu kalau cerita itu sedang membicarakan apa.

Berikut adalah joke yang beredar mengenai sosok Mukidi ini :

Jaya adalah tetangga Mukidi, tapi mereka tak pernah rukun. Mukidi merasa Jaya adalah saingannya.

Jika Jaya beli sepeda baru, Mukidi tidak mau kalah. Mukidi ya beli sepeda baru juga.

Ketika menjelang Lebaran, rumah Jaya dicat merah. Besoknya, Mukidi mengecat dengan warna merah juga.

Karena kini 17 Agustusan, Jaya memasang spanduk di depan rumah bertulisan “INDONESIA TETAP JAYA”.

Hati Mukidi panas dan memasang spanduk juga dangan tulisan “INDONESIA TETAP MUKIDI”

baca juga :

Mengenal Lebih Dekat Sosok Mukidi Yang Kini Jadi Viral Di Dunia Maya Lantaran Mampu Kocok Perut Netizen !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here