Berita Hari Ini: Kota Pekanbaru Dikepung Kabut Asap Lantaran Kebakaran Hutan Di Riau !

0
3388
kebakaran hutan

Berita Hari Ini: Kota Pekanbaru Dikepung Kabut Asap Lantaran Kebakaran Hutan Di Riau !

Indowarta.com– Dalam dua bulan terakhir ini, kebarakan hutan dan lahan masih terus berlanjut. Akibatnya, kini kota Pekanbaru mulai dikepung oleh asap.

Pada hari ini, Sabtu 27 Agustus 2016, udara di wilayah Pekanbaru tidak sama seperti biasanya yang cerah. Kini pemandangan kota Pekanbaru mulai tidak enak dipandang. Asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan kini sudah mengepung masyarakat Pekanbaru.

Pada pukul 05.30 WIB hingga pukul 07.30 WIB asap sudah mulai terlihat menebal. Selanjutnya asap berlangsung menipis. Nampak dengan jelas bahwa asap sudah mengepung kota Pekanbaru.

Berdasarkan pantauan di lapangan, gedung tinggi di tengah kota sudah mulai tampak samar di bagian atasnya dari jarak kurang lebih 2 kilometer. Seperti pada tahun 2015 yang lalu, asap putih akibat dari kebakaran hutan dan lahan sudah muncul.

kebakaran hutan

Kemunculan asap yang mengepung kota Pekanbaru ini telah membuat masyarakat sekitar menjadi resah. Tidak menutup kemungkinan juga apabila peristiwa pada tahun sebelumnya akan kembali terjadi apabila pemerintah gagal mengantisipasi kebakaran lahan. Hal itu yang dikhawatirkan oleh warga Pekanbaru.

Salah satu warga yang bernama Ikhwan mengatakan “Pagi ini asap mulai tebal. Jangan-jangan nanti seperti dulu lagi. Kita berharap masyarakat janganlah membakar hutan,”. Aktivitas warga Pekanbaru masih berjalan normal walaupun asap akibat kebarakan hutan dan lahan ini sudah mengepung kota Pekanbaru.

Terlihat juga ada beberapa warga yang beraktivitas mengendarai sepeda motor dengan mengenakan masker. Sedangkan pada papan indeksĀ  standar pencemaran udara (ISPU) yang telah terpajag di depan Kantor Wali Kota Pekanbaru menunjukkan bahwa udara masih dalam level baik. Terkait dengan hal ini, ISPU memang tidak update dengan kondisi pada saat ini. Hal ini karena perhitungan ISPU di akumulasi dua kali di dalam sehari. Sehingga udara pada pagi ini baru akan terlihat di papan ISPU pada sore hari.s

Diharapkan agar pemerintah tidak terlambar mengantisipasi hal ini agar kejadian sebelumnya tidak kembali terjadi.

baca juga :

Berita Hari Ini: 6 Provinsi Ini Masih Siaga Darurat Akan Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here