Berita Terkini: Besok Peringati Hari Peduli Sampah, Kantong Plastik Berbayar Ditetapkan Rp 200 !!

0
1054
HAri Peduli Sampah

Berita Terkini: Besok Peringati Hari Peduli Sampah, Kantong Plastik Berbayar Ditetapkan Rp 200 !!

Indowarta.com– Dalam hari Perduli sampah, harga Kantong Plastik berbayar telah ditetapkan sebesar 200 Rupiah. Penetapan Kantong Plastik berbayar ini diharapkan akan mengubah perilaku Masyarakat dengan mengurangi timbunan sampah Plastik di Lingkungan sekitar.

Hingga saat ini, Indonesia tercatat sebagai penghasil sampah plastic terbesar kedua setelah Tiongkok. Sampah plastik yang sulit teurai memang menjadi salah satu Faktor menjadi pencemaran Lingkungan.

Ada penelitian tentang hal ini bahwa Sampah Plastik Indonesia ke Laut mencapai 187,2 juta Ton dan Tiongkok yang berada di Uturan pertama adalah 262,9 Juta ton. Sedangkan Negara Asia tenggara seperti Sri Langka juga menghasilkan Sampah Plastik sebesar 14,6 Juta ton, Vietnam 55,9 juta ton, Filipina 83,4 juta ton sampah ke laut.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tuti Hendrawati Mintarsih mengatakan bahwa Surat edaran terkait dengan penetapan harga dan Kebijakan Kantong Plastik berbayar di Ritel Modern di 23 kabupaten/kota sudah dikeluarkan.

KAntong Plastik

Ini akan dimulai padatanggal 21 Februari yang jatuh dan ditentukan sebagai Hari Peduli Sampah. Di Hari peduli sampah ini, Rencananya Presiden  Jokowi pada Car Free Day jakarta akan meresmikan kantong Plastik berbayar. Kegiatan Hari Peduli Sampah ini akan di ikuti oleh oleh 704 komunitas peduli lingkungan yang secara serentak di seluruh Indonesia.

Mereka akan menggelar aksi memungut sampah di Hari Peduli Sampah Tersebut. Presiden Jokowi dalam Jumpa Pers Hari Peduli sampah mengatakan bahwa Intinya kita ingin mengajak masyarakat peduli terhadap masalah sampah. Kita tahu bahwa Indonesia penghasil sampah plastik nomor dua di dunia, rangking tersebut harus diubah.

Ia juga menambahkan bahwa di hari Peduli Sampah ini memulai kebijakan kantong Plastik berbayar, ada harapan menghemat penggunaan Kantong Plastik. Dan ini rencananya akan uji coba penerapan kantong plastic di 23 Kota dan akan berlangsung sampai 5 Juni 2016 mendatang.

Berikut ini adalah 23 Kota yang akan juga berpartisipasi dalam Hari Peduli sampah, yaitu DKI Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon, Jayapura, Malang, Pekanbaru, Aceh, Kendari, Yogyakarta dan Tangerang Selatan.

baca juga : Berita Terbaru: Psikolog Himbau Masyarakat Tak Tanggapi Berlebihan Nabi Isa Palsu !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here