Berita Hari Ini: Dentuman Keras Di Karanganyar Ternyata Bukanlah Pesawat Jatuh, Melainkan Sonic Boom !

0
1422
sonic boom

Berita Hari Ini: Dentuman Keras Di Karanganyar Ternyata Bukanlah Pesawat Jatuh, Melainkan Sonic Boom !

Indowarta.com– Warga yang berada di Kota Solo akhir-akhir ini telah dikerjutkan dengan suara dentuman yang sangat keras pada hari Selasa 30 Agustus 2016 siang hari. Tak heran juga apabila warga sekitar mengira bahwa dentuman yang sangat keras itu ada pesawat yang terjatuh. Bahkan di media sosial telah disebutkan bahwa lokasi dari pesawat jatuh tersebut adalah berada di Kawasan Kabupaten Karanganyar.

Suara dentuman yang sangat keras tersebut terdengar sekitar pukul 12.30 WIB. AKBP Ade Safri Simanjuntak yang menjabat sebagai Kapolres Karanganyar mengatakan bahwa kini pihaknya telah berkoordinasi dnegan pihak Lanud Adisoemarmo Solo untuk mengetahui suara dentuman yang sangat keras tersebut.

sonic boom

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Kapolres, ada pesawat F-16 yang sedang melakukan latihan dari Lanud Iswahjudi Madiun. Pesawat tersebut telah mengeluarkan suara melebihi kecepatan suara (sonic boom). Namun Ade telah menyebutkan bahwa pihaknya usdah menginstruksikan untuk seluruh Kapolsek di Karanganya agar melakukan penyisiran di lokasi yng kemungkinan ada suara dentumn tadi.

Gelombang sonic sendiri adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang bisa ditangkap oleh pendengaran manusia. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang telah disebabkan oleh pesawa supersonik.

Pada saat pesawat tersebut terbang dengan melebihi kecepatan suara, maka muncullah gelombang kejut pada agian tertentu pesawat. Kemudian gelombang kejut ini merambat dan membentuk sebuah kerucut hingga sampai ke permukaan tanah, membuat getaran bahkan hingga sampai memecahkan kaca-kaca. Oleh karena itu, biasanya pesawat supersonik ini tidak terbang di atas daerah yang berpenduduk.

Pada kasus yang terjadi pada bulan November tahun 2015 yang lalu, pesawat F-16 di Landasan Udara (Lanud) Rumin, Desa Kapau, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, sonic boom pernah terjadi pada saat pergantian mesin dan diuji pada ketinggian 40.000 kaki atau 1.500 meter. Pada saat Sonic Boom itu terjadi warga sekitar juga merasa panik dan terkejut.

baca juga :

Nah . .Ini Lho Sosokl Penulis Humor Mukidi Sebenarnya, ‘ Soetantyo Moechlas’ Warga Banyumas !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here