Berita Hari Ini: Catat 124 Kota Di Indonesia yang Besok Akan Dilewati gerhana Matahari Cincin, Kota Kamu?

    0
    1428
    Gerhana matahari cincin

    Berita Hari Ini: Catat 124 Kota Di Indonesia yang Besok Akan Dilewati gerhana Matahari Cincin, Kota Kamu?

    Indowarta.com– Fenomena gerhana Matahari akan kembali melewati wilayah di Indonesia. Sebelumnya Indonesia juga di datangi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Kini dalam waktu yang dekat ini kita akan bisa menyaksikan lagi gerhana matahari pada tanggal 1 September 2016.

    Badan Meteorologi Klomatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya pada tanggal 30 Agustus 2016 telah menuliskan bahwa gerhana matahari cincin ini akan terjadi pada 1 September 2016. Gerhana ini akan melewati alur Atlantik Afrika bagian tengah, Madagaskar dan juga Samudera Hindia.

    Pada sore hari menjelang Matahari terbenam, sebagian wilayah di Indonesia akan bisa mengamati gerhana matahari cincin ini. Namun kali ini penampakan yang terlihat hanya berupa Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

    BMKG mengatakan bahwa gerhana matahari kali ini bisa disaksikan di Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur bagian barat.

    Gerhana matahari cincin

    Gerhana yang terjadi ini merupakan salah satu dari lima gerhana yang akan terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2016. Setelah gerhana matahari ini, diprediksi akan terjadi gerhana lagi yakni gerhana Bulan Penumbra.

    Salah satu pegiat astronomi yakni Avivah Yamani menyebutkan bahwa Gerhana matahari cincin pada umumnya terjadi pada saat Matahari – Bulan – Bumi berada di posisi segaris dan juga sejajar pada saat bulan melintasi diantara Matahari dan Bumi.

    Yang membuat beda pada gerhana matahari kali ini adalah penduduk bumi akan melihat matahari seperti cincin raksasa di langit pada saat seluruh permukaan Bulan menutupi permukaan matahari.

    Waktu kejadian gerhana di setiap lokasi akan berbeda-beda. BMKG telah menuliskan kontak pertama GMC  1 September 2016 adalah di Pacitan bagian timur pada pukul 17.26.00,9 WIB. Karena gerhana kali ini terjadi pada sore hari, semua lokasi yang berada di pulau Jawa dan Kalianda, Lampung hanya terlewati oleh kontak pertama saja dan kemudian matahari akan terbenam.

    baca juga :

    Berita Terkini : Jadi Kontroversi Di Prancis, Penjualan Burkini Malah meningkat Drastis Di Inggris !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here