Berita Hari Ini: Pemerintah Diminta Siapkan Langkah Cepat Antisipasi Virus Zika !

0
2156
virus zika

Berita Hari Ini: Pemerintah Diminta Siapkan Langkah Cepat Antisipasi Virus Zika !

Indowarta.com– Wakil ketua DPR yakni Fadli Zon telah menghimbau kepada pemerintah untuk menyiapkan langkah cepat dalam menangani penyebaran virus Zika di Indonesia. Asia Tenggara kini sudah mulai terjamah virus Zika. Negara pertama yang terjangkit virus zika ini di Asia Tenggara adalah Singapura.

Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada hari Rabu 30 Agustus 2016 mengatakan “Saya kira ini harus ada langkah-langkah cepat karena tentu kita tidak tahu menyebarnya, tiba-tiba sudah cepat, jangan sampai ini menjadi satu virus yang bisa menimbulkan banyak korban,”.

Begitu tersiarnya kabar tentang penyebaran virus zika, Fadli mengatakan bahwa seharusnya Kementerian Kesehatan dan Pemerintah daerah langsung menyiapkan langkah darurat agar penyebaran virus ini bisa segera dihentikan. Pemerintah harus mempunyai protokol dalam mencegah  dan menghentikan penyebaran virus zika ini.

Menurut Fadli, Indonesia meruapakn negara dengan jumlah penduduk yang beresiko tinggi terjangkit virus zika. Tidak hanya itu, Indonesia juga menjadi salah satu destinasi wisata bagi warga mancanegara sehingga pergerakan manusia cenderung dinamis.

Fadli mengatakan bahwa banyak orang yang keluar masuk di Indonesia. Oleh karena itu, pihak pemerintah harus segara mendata siapa saja yang suspect terjangkit virus. Jika memang terbukti, segera lakukan isolasi agar tidak menyebar lebih luas lagi.

virus zika

Beberapa upaya juga sudah dilakukan. Salah satunya adalah Menteri Kesehatan yakni Nila Djuwita Moeloek mengakua bahwa pihaknya sudah menyiapkan petugas di pintu masuk misalnya adalah pelabuhan, bandara untuk memeriksa orang yang sedang menderita demam.

Mereka yang merasakan demam telah dimintai untuk melapor kepada petugas kesehatan. Setelah itu, petugas akan mengambil sampel darah untuk diperiksa lebih lanjut di labolatoruim. Jika memang positif, orang tersebut akan dipanggil untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut di rumah sakit terdekat.

Sebanyak 82 orang kini sudah terjangkit virus zika di Singapura. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 41 orang. Kementerian Kesehatan Singapura menyebutkan bahwa sebagian besar orang yang terjangkit virus zika adalah pekerja bangunan warga asing.

baca juga :

Berita Terkini : Cegah Virus Zika, Menkes Inggris Semprotkan Insektisida Lewat Pesawat !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here