Berita Hari Ini: Gerhana Matahari Cincin Tak Jadi Lewat Indonesia, Begini Penjelasannya

0
1882
Gerhana matahari cincin

Berita Hari Ini: Gerhana Matahari Cincin Tak Jadi Lewat Indonesia, Begini Penjelasannya

indowarta.com– Pada hari Kamis 1 September 2016 fenomena alam gerhana matahari cincin memang akan terjadi. Namun kali ini Masyarakat Indonesia akan menyaksikan fenomena yang berbeda yakni berupa Gerhana matahari sebagian. Jadi pada 1 September 2016 ini kita tidak bisa untuk melihat gerhana matahari.

Badan Meteorologi, Klimatologi  dan Geofisika atau yang disebut dengan BMKG pada hari Selasa 30 Agustus 2016 telah memberikan keterangan persnya yang menjelaskan bahwa pada hari Kamis ini bulan memang berada di antara bumi dan matahari. Kebetulan juga posisi bulan kini juga sedang berada di salah satu titik terjauhnya dengan bumi atau yang disebut dengan apogee.

Secata teoretis, konfigurasi tersebut memang tidak akan menghasilakn Gerhana Matahari cincin. Namun seperti halnya gerhana matahari lainnya, wilayah yang berpeluang menyaksikan sangat kecil. Yang akan bisa menyaksikan gerhana matahari cincin adalah wilayah yang berada di bawah naunngan umbra bulan atau garis semu gerhana.

Pada hari ini, hanya wilayah Samudra Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudra Hindia yang mempunyai kesempata untuk bisa menyaksikan gerhana matahari cincin tersebut. lokasi terbaik untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin adalah di Tanzania. Di wilayah itu gerhana matahari diprediksi akan terjadi selama 3 menit 6 detik.

Gerhana matahari cincin

Sedangkan saat ini Indonesia sendiri berada diluar garis gerhana. Jadi wilayah Indonesia tidak akan mengalami gerhana matahari ini melainkan hanya mengalami gerhana matahari sebagian. Berdasarkan informasi dari BMKG, gerhana matahari sebagian ini akan terjadi di 124 kota.

Kota yang mempunyai kesempatan untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian ini tersebar di 10 provinsi yakni Sumatera Barat bagian selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa  Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

Ada beberapa hal yang patut kamu ketahui pada gerhana matahari nanti. Yang pertama adalah Indonesia dikatakan berada di wilayah paling luar yang dilintasi gerhana. Yang kedua, waktu terjadinya gerhana matahari sebagian ini adalah pada saat senja melanda.

Namun untuk mengamati gerhana mathaari ini juga tetap membutuhkan alat bantu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk yang ingin melihat gerhana mathari cincin , Indonesia sendiri juga akan dilewati pada 26 Desember 2016 nanti. Hal ini berdasarkan pada Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat.

baca juga :

Video Youtube Hot Siswi MTS Main ‘Dokter Dokteran’ Dengan Pacar Ini Bikin Viral Di FB !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here