Berita Hari Ini: Ingat, Petang Nanti Gerhana Matahari Cincin Baru akan Muncul Di Indonesia !

    0
    1997
    Berita terkini: Gerhana Matahari Total Berdampak Pada Perubahan Arah Angin dan Medan Magnet, Berikut Penjelasan Lengkap !!

    Berita Hari Ini: Ingat, Petang Nanti Gerhana Matahari Cincin Baru akan Muncul Di Indonesia !

    Indowarta.com– Fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi pada hari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyatakan bahwa fenomena ini akan bisa disaksikan oleh 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi.

    BMKG telah merilis peta lintasa gerhana matahari cincin. Beberapa provinsi yang akan terlewati oleh gerhana matahari cincin ini adalah Sumatera Barat bagian selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

    Salah satunya adalah bisa diamati di Seai, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. hal ini juga telah disampaikan oleh koordinator BMKG Sumatera Barat Rahmat Triyono. Rahmat Triyono menyebutkan bahwa peristiwa ini tidak terjadi pada setiap tahunnya. Berdasarkan statistik kasar, Gerhana Matahari akan terjadi di setiap 350 tahun sekali.

    Kontak pertama peristiwa astronomi di Seai ini diprediksi akan terjadi pada pukul 17.42 WIB. Pada saat itu,  pada saat in, piringan bulan sudah mulai menutupi matahari. Diprediksi bahwa puncaknya akan terjadi pada pukul 17.52 WIB. Kemudian dua kontak terakhir akan terjadi pada kurang lebih pukul 18.02 WIB.

    Berita terkini: Gerhana Matahari Total Berdampak Pada Perubahan Arah Angin dan Medan Magnet, Berikut Penjelasan Lengkap !!

    Berdasarkan statistik dari BMKG, peristiwa gerhana matahari cincin ini sebagian adalah yang keempat yang terjadi pada tahun 2016 ini yang bisa diamati dibawah langit Indonesia. Selanjutnya akan diprediksi terjadi gerhana lagi pada pertengahan bulan September yakni peristiwa gerhana bulan penumbra. Tepatnya fenomena alam ini terjadi pada tanggal 16 hingga 17 September 2016.

    Peristiwa gerhana matahari cincin ini terjadi karena cahaya matahari yang terhalangi oleh Bulan sehingga cahaya matahari tidak sepenuhnya sampai ke bumi. Gerhana matahari cincin ini disebabkan oleh pergerakan dinamis dari bulan, matahari dan juga bumi yang terjadi pada saat fase bulan baru.

    Selain itu ada juga pihak yang menyebutkan bahwa pada saat terjadi gerhana matahari cincin ini akan berpengaruh pada ketinggian gelombang air laut. Di Padang, BMKG Padang Panjang akan melakukan pengamatan fenomana alam ini dengan menggunakan teropong Vixon di Mercusuar Bukit Lampu, Bungus.

    baca juga :

    Berita Hari Ini: Gerhana Matahari Cincin Tak Jadi Lewat Indonesia, Begini Penjelasannya

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here