Berita Hari Ini: Mirna Tunjukkan Gelagat Kurang Nayaman Dengan Sikap Jessica Wongso ?

0
1773
Jessica Wongso

Berita Hari Ini: Mirna Tunjukkan Gelagat Kurang Nayaman Dengan Sikap Jessica Wongso ?

Indowarta.com– Krinimolog dari Universitas Indonesia yakni Prof Ronny R Nitibaskara telah mengungkapkan bahwa Wayan Mirna Salihin merasa tidak nyaman dengan sikap Jessica Wongso melalui gerakan. Gerakan yang dimaksud itu adalah ketika mereka pertama kali bertemu di Kafe Olivier, Grand Indonesia pada hari Rabu 6 Januari 2016.

Dalam kesaksiannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada hari Kamis 1 September 2016 Ronny mengatakan bahwa perilaku nonverbal memberi jarak artinya itu tidak nyaman. Ronny menjelaskan bahwa setiap orang cenderung dekat dengan orang lain karena merasa nyaman. Sementara itu apabila memberikan jarak itu merupakan pertanda adanya penolakan. Ronny menyebutkan  bahwa ketika Jessica Wongso bertemu dengan Mirna, keduanya ada jarak.

Pada saat pertemuan itu Mirna memeli Jessica hanya dengan menggunakan satu tangan. Sedangkan Hanie teman mereka berdua berlari kecil dan memeluk Jessica dengan erat. Ronny juga menjelaskan di dalam otak terdiri dari beberapa macam.

Otak neokorteks biasanya memerintah seseorang untuk melakukan kebohongan melalui kata-kata.. Sementara itu otak limbik biasanya lebih kepada kejujuran. Pada otak limbik ini biasanya menghasilkan gerakan tubuh.

Jessica Kumala Wongso

Menurut analisis dari Ronny, gerakan Mirna kepada Jessica ini berasal dari otak Limbik dan tidak bisa berbohong bahwa Mirna saat itu sedang dalam keadaan kondisi tidak nyaman. Ronny menegaskan bahwa gerakan tertentu itu akan menjadi kunci orang itu berbohong atau tidak.

Selain itu Ronny juga menyebutkan bahwa gestur tubuh Jessica pada saat itu menunjukan rasa kecemasan. Yang pertama adalah ketika Jessica sedang duduk diujung kursi. Disitu Jessica kelihatan sedang mengambil sesuatu dari tas dan kemudian menengok dan pindah tempa duduk lain. Beberapa kali diirnya juga memperbaiki posisi duduknya. Kemudian Jessica juga mengibaskan rambutnya dengan kedua tangan.

Ronny menyebutkan bahwa keterangannya tersebut tidak hanya asal berbicara saja, namun ada literatur yang di pakai yakni dari ahli antropologi. Ronny menegaskan bahwa hal itu juga ada di dalam literatur tersebut yakni dari Guru Besar Entropologi di Amerika. Dia meneliti setiap gerakan tubuh dan kemudian dicek.

baca juga :

Berita Terkini : Dikebut, Sidang Jessica Wongso Digelar Lagi Hari Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here