Berita Hari Ini: 1 September, Kemenag gelar Sidang Isbat Tentukan Hari Raya Idul Adha !

0
776
idul adha

Berita Hari Ini: 1 September, Kemenag gelar Sidang Isbat Tentukan Hari Raya Idul Adha !

Indowartac.om– Untuk menetapkan Awal Zulhijjah atau Hari Idul Adha 1437 H Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat pada hari Kamis 1 September 2016. Sidang Isbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama yang berada di jalan M. H. Tamrin Nomor 6, Jakarta pada pukul 17.00 WIB.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, M. Thambrin mengatakan bahwa sidang isbat untuk menentukan Idul Adha 1437 H ini akan dihadiri oleh beberapa pimpinan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam, Ketua MUI, duta besasr negara sahabat dan juga beberapa tokoh Islam.

Thambrin menyebutkan bahwa sidan isbat akan diawali dengan sesi pra sidang yakni berupa pemaparan tentang Posisi Hilal Awal Zulhijah 1437 H. Hal ini akan dilakukan oleh Anggota tim Hisab Rukyat Kementerian Agama yakni Cecep Nurwendaya sekitar pukul 17.00 WIB. Setelah menunaikan shalat magrib, sidang isbat kembali digelar dengan acara pembukaan oleh Menteri Agama yakni Lukman Hakim Saifuddin.

idul adha

Setelah itu melalui konferensi pers oleh Menteri Agama, hasil dari sidang isbat tersebut akan dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat. Sidang isbat sendiri akan dilakukan secara tertutup seperti pada saat sidan penentuan awal Ramadhan dan juga 1 Syawal.

  1. Thambrin mengatakan “Sidang Isbat dilakukan tertutup, dan setelahnya akan dilakukan konperensi pers hasil sidang Itsbat oleh bapak Menteri Agama,”.

Hari raya Idul Fitri atau yang sering disebut dengan hari Kurban ini identik dengan penyembelihan hewan kurban yang dirayakan oleh umat Islam setiap tanggal 10 Dzulhijah. Pada kalender mahesi tahun ini, Idul Adha diprediksikan akan jatuh pada hari Senin tanggal 12 September 2016.

Di Indonesia sendiri biasanya diperingati dnegan Sholat Id. Namun ada juga beberapa kelompok yang memiliki perbedaan dalam hari menetukan tanggal hari raya. Namun tidak ada perbedaan dalam tata cara melakukan Sholat Id. Meskipun kebanyakan ikut dengan pemerintah, namun ada juga kelompok yang memperingatinya terlebih dulu ataupun lebih lambat.

baca juga :

Berita Hari Ini: Manfaatkan FB, Tersangka Prostitusi Gay Diduga Libatkan 99 Anak !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here