Berita Hari Ini: Mengintip Daya Beli Masyarakat Indonesia Menjelang Perayaan Hari Raya Idul Adha !

0
1497
idul adha

Berita Hari Ini: Mengintip Daya Beli Masyarakat Indonesia Menjelang Perayaan Hari Raya Idul Adha !

Indowarta.com- Badan Pusat Statistik atau BPS telah mencatatkan bahwa daya beli petani pada bulan Agustus 2016 ini mengalami kenaikan. hal ini ditandai dengan naiknya Nilai Tukar Petani atau NTP pada bulan Agustus 2016 yang menjadi sebesar 101,56. Jumlah ini meningkat sebesar 0,17 persen dibandingkan dengan NTP yang terjadi pada bulan sebelumnya yakni sebesar 101,39.

Sasmito Hadi Wibowo yang merupakan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS mengungkapkan bahwa kenaikan NTP ini disebabkan oleh Indeks Harga yang diterima oleh para Petani (lt) menjadi lebih besar dari pada indeks harga yang dibayar Petani (lb). Kenaikan sebesar 0,30 persen sementara LB hanya naik sebesar 0,13 persen.

Ketika berada di Kantor Pusat BPS yang berada di Jalan Dr. Sutomo, Jakarta Pusat pada hari Kamis 1 September 2016 mengatakan “Tingkat inflasinya kecil sehingga mendorong kenaikan NTP. Semakin tinggi NTP, secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan dan daya beli petani,”.

idul adha

Sasmito menjelaskan bahwa kenaikan NTP ini pada bulan Agustus disebabkan oleh kenaikan indeks harga hasil produksi pertanian yang lebih besar dibandingkan dengan kenaikan indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga dan juga keperluan produksi pertanian.

Naiknya NTP di Subsektor tanaman perkebunan rakyat juga mempengaruhi kenaikan NTP yakni sebesar 0,07 persen. Subsektor peternakan sebesar 0,97 persen, dan sebesar 0,02 persen di subsektor perikanan. Kemudian pada subsektor tanaman pangan turun sebesar 0,08 persen dan di subsekro holtikultura mengalami penurunan sebesar 0,27 persen.

Sasmito menyebutkan bahwa kenaikan NTP ini di subsektor peternakank sebesar 0,97 persen adalah andil terbesar di dalam peningkatan NTP. Hal ini karena menjelang hari raya Idul Adha para peternak telah menaikkan harga hewan ternaknya.

Sasmito mengatakan “Pada September ini kan akan ada Idul Adha sehingga peternak mulai menaikkan harga di Agustus kemarin. Sehingga NTP pada Agustus ikut meningkat,”.

baca juga :

Berita Hari Ini: Tol Brexit Akan Dibatasi Guna Menyambut Libur Panjang Idul Adha !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here