Video Youtube Gerhana Matahari Cincin Kamis 1 September 2016 Ini Bikin Terpana !

    0
    1728
    Berita terkini: Akun FB Q & A Unggah Gambar Gerhana Matahari Total Lengkap Sumber NASA, Seperti Apa Saja?

    Video Youtube Gerhana Matahari Cincin Kamis 1 September 2016 Ini Bikin Terpana !

    Indowarta.comGerhana Matahari Cincin terjadi pada tanggal 1 September 2016 kemarin. Fenomena gerhana matahari ini kembali menyambangi Indonesia pada tahun 2016 ini. Sebelumnya gerahana matahari terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 yang lalu.

    gerhana matahari cincin ini disebut akan terjadi pada kemarin sore di Indonesia. Namun faktanya yang terjadi adalah hanya gerhana matahari sebagian saja yang terjadi di Indonesia.

    Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, dimana kita bisa menyaksikan gerhana matahari total seperti yang terjadi di wilayah Indonesia sebelum ini? Wilayah tersebut adalah di sebagian besar benua Afrika yang bisa menyaksikan jalur gerhana matahari teresbut.

    Indonesia sendiri hanya mendapatkan bagian gerhana matahari sebagian saja yang diperkirakan hanya 40 persen posisi matahari yang tertutupi oleh bulan. Selain itu juga disebutkan bahwa gerhana itu terjadi pada sore hari yang memperkecil kesempatan untuk bisa menyaksikan gerhana ini karena matahari akan terbenam. Selain itu pada sore hari tentu saja keadaan akan menjadi lebih gelap.

    Gerhana matahari cincin

    Hanya sebagian wilayah dari pulau Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah menjadi jalur gerhana kategoroi 40 persen. Selain itu di pulau Sumatera juga sebgaian kecil wilayahnya dilalui gerhana matahari yakni di sekitar Lampung.

    Sebelumnya berdasarkan perhitungan dari BMKG menyebutkan bahwa gerhana sebagian ini akan bisa disaksikan dari 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi yakni Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

    Namun waktu dari kejadian gerhana matahari ini akan berbeda-beda  pada setiap lokasinya. Moedji Raharto yang merupakan astronom yang menjadi staf pengajar di jurusan astronomi Institut Teknologi Bandung mengatakan bahwa gerhana matahari cincin ini merupakan fenomena alah yang terjadi secara berkala.

    Moedji mengatakan “Bentuk orbit bumi mengelilingi matahari berbentuk elips sehingga jarak antara bumi dengan matahari selalu berubah. Demikian juga jarak antara bulan dan matahari berubah-ubah. Ketika bulan tampak lebih kecil dan menutupi matahari di bagian tengah sehingga matahari terlihat seperti cincin, itu bukan karena bulan mengecil tapi efek jarak yang membuatnya terlihat seperti itu,”.

    baca juga :

    Berita Hari Ini: Gerhana Matahari Cincin Tak Jadi Lewat Indonesia, Begini Penjelasannya

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here