Berita Terkini: Presiden Jokowi Akan Ajukan Budi Gunawan Sebagai Calon Kepala BIN Ke DPR?

0
705
budi gunawan

Berita Terkini: Presiden Jokowi Akan Ajukan Budi Gunawan Sebagai Calon Kepala BIN Ke DPR?

Indowarta.com– Pimpimnan Dewan Perwakilan Rakyat kini telah menerima surat usulan yang berisikan tentang pergantian Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN dari Presiden Joko Widodo. Presiden telah mengusulkan agar Sutiyoso digantikan oleh Budi Gunawan yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Polri untuk memimpin BIN.

Pada Jumat pagi 2 September 2016 surat usulan tersebut telah diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara yakni Pratikno. Pratikno di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta mengatakan “Jadi, Kepala BIN diusulkan nama baru, yaitu Pak Budi Gunawan. Proses selanjutnya di DPR karena harus ada pertimbangan dari DPR,”.

Ketika Pratikno ditanyai mengenai alasan pergantian, Pratikno menjawab bahwa langkah ini hanyalah regenarasi saja. tidak ada periodisasi yang tegas terkait dengan masa jabatan kepala BIN. Begiut pula pada saat ditanya mengapa memilih Budi Gunawan yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo.

budi gunawan

Sementara itu Ade Komarudin yang merupakan ketua DPR mengatakan bahwa pihaknya akan segera memproses surat pergantian tersebut. Ade Komarudin akan menentuikan jadwal pergantian rapat yang membahas usulan tersebut dan akan melimpahkannya ke komisi terkait untuk melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan. Ade mengatakan “Sesuai mitranya, tentu Komisi I akan kami tugaskan,”.

Berdasarakan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara, kepala BIN diangkat dan diberhentikan oleh presiden setelah mendapatkan pertimbangan dari DPR. Untuk mengangkat kepala BIN, presiden harus mengusulkan satu orang calon kepada DPR.

Pertimbangan DPR itu disampaikan paling lambat 20 hari kerja sejak surat permohonan pertimbangan calon kepada BIN diterima DPR dari Presiden. Hal ini berarti DPR tidak menyetujui atau menolak calon yang diajukan Presiden namun hanya sekedar memberikan catatan dan juga pertimbangan.

Kabar mengenai pergantian kepala BIN ini sebenarnya sudah muncul semenjak terpilihnya Tito Karnavian sebagai Kapolri menggantikan Jederal Badrodin Haiti. Sebelumnya Budi Gunawan juga pernah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR namun sebagai calon Kapolri.

baca juga :

Berita Hari Ini: Mirna Tunjukkan Gelagat Kurang Nayaman Dengan Sikap Jessica Wongso ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here