Nama Asep Sunandar Diabadikan Dalam Moment Google Doodle Hari Ini !

    0
    908
    Asep Sunandar

    Nama Asep Sunandar Diabadikan Dalam Moment Google Doodle Hari Ini !

    Indowarta.com– Google Doodle kini telah memperingati hari lahirnya Asep Sunandar Sunarya atau yang sering di sapa dengan nama Ki Asep Sunandar Sunarya. Dia merupakan salah satu maestro dari wayang golek Indonesia.

    Pria kelahiran Bandung 3 September 1955 telah ditakdirkan untuk menjadi maestro dalan wayang golek yang sukses. Berbagai penghargaan telah dia dapatkan baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa penghargaan yang dia dapan dalah dirinya berhasil meraih juara Dalang Pinilih I Tingkat Jawa Barat pada Binojakrama padalangan di Bandung 1978.

    Kemudian dirinya kembali terpilih menjadi juara Pinilih I di Bandung pada tahun 1982. Sejak tahun 1982 hingga 1985 Asep Sunandar Sunarya ini rekaman kaset oleh SP Record dan juga Wisnu Record. Kemudian pada tahun 1985 dia telah dinobatkan sebagai Dalang Juara Umum Tingkat Jawa Barat pada Binojakrama Padalangan di Subang. Oleh karena itu dirinya berhak untuk memboyong Bokor Kencana sebagai lambang supremasi pedalangan Sunda, Jawa Barat.

    Asep Sunandar

    Selanjutnya pada tahun 1986 Asep Sunandar Sunarya juga mendapatkan mandat dari pemerintah untuk mewakili sebagai duta kesenian dan terbang ke Amerika. Pada tahun yang sama juga yakni Dian Record telah merekam karya Asep dalam bentuk kaset pita.

    Tidak berhenti disitu saja, Asep Sunandar Sunarya telah diminta oleh International De La Marionnette di Charleville, Perancis. Disana dirinya diminta untuk menjadi dosen luas biasa selama dua bulan dan diberi gelar profesor oleh masyarakat akademis Perancis.

    Kemudian pada tahun 1994 Asep Sunandar Sunarya mulai menggelar panggung di luar negeri seperti Inggris, Belanda, Swiss, Perancis, dan Belgia. Kemudian dirinya mendapatkkan penghargaan Satya Lencana Kebudayaan pada tahun 1995. Hingga saat ini sudah lebih dari 100 album rekaman termasuk borbodoran yang sudah dihasilkan oleh Asep Sunandar Sunarya.

    Beberapa stasiun televisi nasional juga telah menayangkan sejumlah karyanya seperti Asep Show dan Cepot. Asep meninggal dunia pada tanggal 31 Maret 2014 pada usianya yang ke 58 tahun karena menderita sakit jantung.

    baca juga :

    Berita Terkini : Mengintip Sosok Daeng Soetigna Yang Dihadirkan Google Doodle Hari Ini ‘Pencipta Angklung Diatonis’ !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here