Berita Hari Ini: Ikan Mati Capai 20ton Akibat Kekurangan Oksigen Usai Angin Kencang Di Danau Maninjau !!

0
930

Berita Hari Ini: Ikan Mati Capai 20ton Akibat Kekurangan Oksigen Usai Angin Kencang Di Danau Maninjau !!

Indowarta.com– Sebanyak 20 Ton Ikan mati di jaring apung milik petani di Danau Minanjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat akibat kekurangan Oksigen.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam, Ermanto di Lubuk Basung mengatakan bahwa ini adalah data sementara dan kemungkinan ada penambahan karena jumlah ikan dengan jenis mas dan nila mati hanya sekira lima ton.

Ia juga menambahkan bahwa 20 Ton Ikan Mati dengan ukuran siap panen ini berasal dari 50 petak keramba jaring apung yang terbesar di Nagari Bayu Maninjau. Ikan ini mati akibat kekurangan aupan Oksigen setelah angin kencang melanda Daerah semenjak beberapa hari lalu. Akiba Ikan Mati ini, Para petani ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp360 juta.

Ia mengemukakan bahwa Kemtian ikan di danau Maninjau pertama merupakan yang pertama pada 2016. Ementara pada tahun 2015 lalu sekitar 175 ton ikan di tempat tersebut mati mendadak dan ditaksir dengan kerugian sekitar Rp3 miliar.

Ikan MAti

Pada tahun 2014, sebanyak 1.087,38 ton ikan mati, pada 2013 delapan ton, pada 2012 sebanyak 300 ton, pada 2011 sebanyak 500 ton, dan 2010 sebanyak 500 ton. Ini adalah angka yang mencengangkan karenaIkan mati mendadak.

Muhammad Abrar yang juga Anggota DPRD Agam juga turut Prihatin akan bencana Ikan Mati mendadak milik petani di danau Maninjau.

Ia mengatakan bahwa Ke depan ini harus dicarikan solusi agar petani tidak mengalami kerugian cukup banyak. Petani harus jeda saat cuaca ektrem melanda Agam.

Sementara itu, Ribuan ikan mati juga di pesisir pantai Timur dan pesisir barat Teluk Labuho kabupaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu.

Matinya ribuan ikan tersebut ini diduga karena di bom oleh nelayan Kapal Asing. Penampakan ikan mati ini diketahui beberapa warga ketika menyisir teluk Labuho yang berjarak sekitar satu jam dari desa Banjar sari enggano. Kala itu warga mencium bau amis dari kejauhan. Setelah mendekat ternyata disepanjang jalan pantai sudah ditemukan ribuan Ikan Mati bertebaran.

baca juga : Berita Terbaru: Marquez Alami Keretakan Lengan- Rossi Kritisi Mesin Baru Yamaha Kurang Baik !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here