MotoGP: Meski Naik Podium, Selisih Valentino Rossi dan Mark Marquez Masih Jauh !

0
796
motogp 2016

MotoGP: Meski Naik Podium, Selisih Valentino Rossi dan Mark Marquez Masih Jauh !

Indowarta.com- Walaupun sudah diprediksi bahwa balapan akan berlangsung dalam cuaca kering, balapan seri 12 motoGp 2016 di Sirkuit Silverstone pada hari Minggu 4 September 2016 WIB telah menyajikan petarungan yang dramatis antar pembalap.

Di balapan kali ini yang menjadi bintang adalah pembalap dari Suzuki yakni Maveric Vinales. Pembalap dari tim pabrikan Ecstar Suzuki ini telah berhasil meluncur dengan sangat cepat menjadi pembalap yang lebih dulu menyentuh garis finis MotoGP Inggris 2016.

Kemenangan kali ini merupakan kemenangan pertama dari Vinales di kelas bergengsi motoGp. Selain itu kemenangan ini juga meruapakan kemenangan pertama bagi Suzuki setelah yang terakhir dicatat oleh Chris Vermeulen di Sirkuit Le Mans pada tahun 2007 silam.

Tidak hanya mencatatkan dua torehan fantastis itu. MotoGP 2016 kali ini juga telah memberikan rekor terbaru lainnya. Untuk pertama kalinya di dalam satu musim, tujuh pembalap yang berbeda mampu memenangkan balapan.

MotoGP

Seperti yang diketahui pada sebelumnya, sejak Grand Prix Italia hingga GP Republik Ceko 2016 ini atau enam seri terakhir dari MotoGP ini telah dimenangkan oleh enam pembalap berbeda. Kemenangan perdana Cal Crutchlow pada kelas bergensi yang digelar di sirkuit Brno telah melanjutkan tren munculnya pemenang balapan yang berbeda dari enam seri MotoGP yang terakhir ini.

Sepekan sebelumnya, Andrea Ianone telah berhasil mencatatkan kemenangan pertamanya di kelas bergengsi MotoGP di sirkuit Red Bull Ring, Austria. Sebelum mereka berdua, Marc Marquez telah berkuasa di GP Jerman sirkuit Sachsenring. Setelah itu Jack Miller yang telah mencatatkan kemenangan perdana di kelas bergengsi MotoGP di sirkuit Assen.

Kemudian dua pemenang sebenlum Jack Miller adalah Valentino Rossi di GP Catalunya dan juga Jorge Lorenzo di GP Italia di sirkuit Mugello. Setelah MotoGP Brno, kemudian MogoGP Inggris. Catatan tujuh pembalap berbeda dicatat oleh Maverick Vinales.

Perlu diingat kembali ketika akhir tahun 2006 hingga ke awal tahun 2007 untuk merefleksikan rekor sebelumnya yang tidak seperti rekor yang baru terjadi di satu musim ini. Kala itu Marco Melandri dari Honda telah berhasil mengawali dengan kemenangan di GP Australia. Kemudian di GP Jepang telah dimenangkan oleh Loris Capirossi bersama dengan Ducati dan disusul oleh kemenangan Toni Elias yang kembali membawa Honda berkuasa di GP Portugal.

Lalu di akhir balapan tahun 2006 telah memunculkan Nicky Hayden sebagai juara dunia. Troy Bayliss menutup kejuaraan dengan kemenangan Ducati di Sirkuit Valencia.

Pada tahun 2007 dilanjut dengan Casey Stoner yang mengawali musim juaranya melalui kemenangan Ducati di GP Qatar. Lalu Valentino Rossi pada seri ke dua GP Spanyol.

Sementara itu pada klasemen sementara MotoGP 2016 Rossi masih terpaut jauh dari pimpimnan sementara yakni Marc Marques dengan selisih 50 poin. Berikut adalaha klasemen sementara :

1    Marc MARQUEZ    Honda    SPA    210
2    Valentino ROSSI    Yamaha    ITA    160
3    Jorge LORENZO    Yamaha    SPA    146
4    Maverick VIÑALES    Suzuki    SPA    125
5    Dani PEDROSA    Honda    SPA    120
6    Andrea IANNONE    Ducati    ITA    96
7    Andrea DOVIZIOSO    Ducati    ITA    89
8    Cal CRUTCHLOW    Honda    GBR    86
9    Pol ESPARGARO    Yamaha    SPA    81
10    Hector BARBERA    Ducati    SPA    78
11    Eugene LAVERTY    Ducati    IRL    67
12    Aleix ESPARGARO    Suzuki    SPA    60
13    Scott REDDING    Ducati    GBR    54
14    Danilo PETRUCCI    Ducati    ITA    45
15    Jack MILLER    Honda    AUS    42
16    Bradley SMITH    Yamaha    GBR    42
17    Alvaro BAUTISTA    Aprilia    SPA    41
18    Stefan BRADL    Aprilia    GER    39
19    Tito RABAT    Honda    SPA    27
20    Loris BAZ    Ducati    FRA    24
21    Michele PIRRO    Ducati    ITA    23
22    Yonny HERNANDEZ    Ducati    COL    13
23    Alex LOWES    Yamaha    GBR    3

baca juga :

Berita Terkini: Presiden Jokowi Akan Ajukan Budi Gunawan Sebagai Calon Kepala BIN Ke DPR?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here