Berita Terkini: BPJS Ketenagakerjaan Menggelar Sosialisasi Untuk Para Nelayan !

0
729
BPJS Ketenagakerjaan

Berita Terkini: BPJS Ketenagakerjaan Menggelar Sosialisasi Untuk Para Nelayan !

Indowarta.com– Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS kini tengah menggelar sosialisasi kepada nelayan di daerah Muara Angke, Jakarta Utara. Sosialisasi tersebut digelar di Tempat Pelelangan Ikan Muara Angke, Jakarta pada hari Sabtu.

Sosialisasi tersebut telah dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cabang Salemba yang telah berkerjasama dengn Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) DKI Jakarta.

Iman S Achwan yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pemasaran Bukan Penerima Upah BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Salemba mengatakan bahwa risiko kecelakaan yang dialami oleh para nelayan sangatlah tinggi. Oleh sebab itu dirasa perlua dilindungi minimal program jaminan kecelakaan kerja dan juga kematian oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk pendaftarannya sendiri cukup mudah yakni dengan cara mengumpulkan KTP dan juga membayar iuran mulai dari Rp 16.800 untuk mendapatkan perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan juga Jaminan Kematian (JKM). Iuran tersebut bisa dibayarkan mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan hingga satu tahun sekaligus.

Iman mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah berkerjasama dnegan rumah skit trauma center di seluruh Indonesia. Untuk di Jakarta sendiri ada 32 Rumah Sakit sehingga para nelayan yang mengalami kecelakaan kerja bisa langsung ditangani oleh rumah sakit trauma center dnegan hanya menjukkan kartu kepesertaan.

BPJS Ketenagakerjaan

Sementara itu salah satu pengusaha kapal yang bernama Sachfrudin mengatakan bahwa salah satu kendala yang dialami oleh pengusaha kapal adalah tidak semua nelayan dan juga anak kapal yang memiliki KTP.

Ditambah lagi banyak dari anak buah kapal yang hanya bekerja kepadanya yang hanya bertahan di dalam kurun waktu tiga hingga enam bulan saja. oleh sebab itu dirinya menginkan solusi akan masalah yang telah dihadapinya tersebut.

Sebanyak 18.000 nelayan di seluruh Jakarta yang siap untuk didaftarkan menjad peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan di Muara Angke berjumlah 6.000 nelayan. Para nelayan tersebut bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah dengan membayar iuran sebesar Rp 16.800. Mereka akan mendapatkan manfaat santunan JKK sebesar Rp 56.800.000 dan juga JKM sebesar Rp 24.000.000.

baca juga :

Berita Hari Ini : Terkait Iklan Dokter Tengkorak, Pihak BPJS Kesehatan Sampaikan Maaf ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here