Berita Terkini: Banyuwangi Gelar Sikap Antisipasi Virus Zika Dengan Kerahkan Pemburu Jentik Nyamuk !

0
791
Virus Zika

Berita Terkini: Banyuwangi Gelar Sikap Antisipasi Virus Zika Dengan Kerahkan Pemburu Jentik Nyamuk !

Indowrta.com– Guna mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus zika di Banyuwangi, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi telah meningkatkan pemantauan terhadap jentik-jentik nyamuk oleh juru pemantau jentik atau jumantik yang ada di masyarakat serta puskermas di seluruh Banyuwangi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono pada hari Senin 5 September 2016 mengatakan “Di masyarakat ada jumantik dan kami mengaktifkan lagi. Mereka bertanggungjawab untuk memantau dan membersihkan penampungan air. Tujuannya agar jentik tidak berkembang menjadi nyamuk,”.

Dirinya juga mengatakan bahwa pencegahan virus zika ini dilakukan sama persis dengan pencegahan penyakit demam berdarah dengue (BDB) dan juga Chikungunya. Hal ini karena vektor yang membawa virus zika ini berjenis yang sama yakni nyamuk Aedes Aegypti.

Dokter Rio mengatakan bahwa infeksi virus zika ini bersifat self limitng desease yang bisa sembuh dengan sendirinya. Sedangkan untuk pengobatannya sendiri cukup dengan pengobatan yang bersifat symptomatis untuk menghilangkan gejala yang timbul.

Virus Zika

Tidak hanya itu, pihaknkya juga akan meningkatkan daya tahan tubuh seperti melakukan makan dan minum cukup, istirahat, tidur yang cukup serta olah raga yang teratur. Rio mengatakan “Yang ditakutkan jika virus ini menyerang ibu hamil. Virus ini akan menyerang otak janin sehingga menyebabkan anak yang lahir mengalami microcephaly. Di mana otak bayi tidak berkembang sehingga menyebabkan ukuran kepala bayi lebih kecil,”.

Selain itu kamar khusus di dua rumah sakti yaitu RSUD Balmbangan dan RSUD Genteng untuk merawat pasien yang terinfeksi virus zika juga sudah disiapkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Rio mengatakan bahwa di Banyuwangi kini masih belum ada laporan mengenai virus tersebut hingga saat ini. Jadi masyarakat Banyuwangi tidak perlu merasa khawatir dan kamar yang disediakan khusus di RSUD tersebut hanya untuk mengantisipasi jika ada pasien yang terjangkit virus zika tersebut.

Belakangan ini telah dikabarkan bahwa virus zika ini telah menyebar hingga ke Singapura. Hal ini sontak membuat Indonesia memperketat keluar masuknya warga dari luar maupun dalam negeri untuk mengantisipasi kedatangan virus zika.

baca juga :

Berita Hari Ini: Awas,, Virus Zika Jangkit Singapura, Berpotensi Menyebar Di Indonesia !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here