Berita Terbaru Jessica : Penyidik Tak Sabar Ladeni Sidang Praperadilan, Kejati Tentukan Sikap Maks. 7 Hari Usai Penyerahan Berkas !!

0
909
Jessica Kumala Wongso

Berita Terbaru Jessica : Penyidik Tak Sabar Ladeni Sidang Praperadilan, Kejati Tentukan Sikap Maks. 7 Hari Usai Penyerahan Berkas !!

Indowarta.com– Kejaksaan tinggi DKI Jakarta masih meneliti berkas tersangka kasus Kematian dari Wayan Mirna Salihin yaitu Jessica Kumala Wongso setelah penyidik Polda Metro Jaya dan melimpahkan Berkas Tersebut. menurut Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Kejati DKI Jakarta bernam Waluyo jika peraturan Kejati memiliki Waktu 7 hari untuk penelitian.

Waluto mengatakan bahwa Hari Jumat Kejati menerima berkas atas nama Jessica, selanjutnya akan dilakukan penelitian secara formil maupun materiil. Waluyo menjelaskan jika Kejati akan menentukan sikap dalam waktu bahwa Maksimal tujuh hari terkait dengan berkas  perkara Kasus Tersangka Jessica.

Jika berkas dinyatakan lengkap, Maka diterbitkan surat P21 oleh Kejati DKI Jakarta. Jika belum lengkap, maka berkas itu akan dikembalikan ke penyidik kepolisian sembari diberikan petunjuk.

Sementara itu, Tersangka Kasus pembunuhan Mirna yaitu Jessica Kumala Wongso emggugat Praperadilan pada awal pekan kemarin. Andi yang juga Kuasa Hukum dari Jessica menuturkan gugatan praperadilan itu secara Normatif terkait dengan Prosedur  penyidik Kepolisian tentang penetapan tersangka dari Jessica Kumala Wongso.

Akan tetapi Andi enggan menjelaskan kesalahan Prosedur kepolisian dalam menetapkan Tersangka terhadap Kliennya tersebut.

Andi mengatakan bahwa pihaknya memiliki langkah pembelaan hukum untuk Jessica selama Proses penyidikan dilakukan oleh penyidik Kepolisian sebelum berkas Acara Pemeriksaan (BAP) diserahkan.

 

Rencananya, sidang perdana praperadilan Jessica akan digelar PN Jakarta Pusat pada 23 Februari 2016.

Pihak dari Jessica sudah menyiapkan seorang ahli yang ia percaya dapat memaparkan dugaan kecacatan hukum dalam kasus kopi ‘sianida’ Mirna ini. Ia mempersilahkan masyarakat dan media menghadiri sidang Jessica pada 23 Februari.

Dalam Proses Praperadilan ini, salah satu Poin yang dituntut adalah agar Jessica dikeluarkan dari Penjara. Menurut Yudi, Bukti yang dimiliki Polisi saat menetapkan Jessica sebagai Tersangka tidaklah kuat. Ia menyarankan untuk mencari Tersangka lain.

Diketahui bahwa Jessica dijerat oleh Pasal 340 KUHP tetang pembunuhan berencana dengan hukuman 20 Tahun Penjara. Dengan demikian, penyidik juga berkewajiban menjelaskan perbuatan yang dilakukan Jessica dan dilengkapi Unsur-unsur dan perencanaan pembunuhan.

Baca Juga : Berita Terbaru Jessica: Pengacara Tak Janji Menangkan Jessica, Tapi Bakal Berjuang Sekuat Tenaga!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here