Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah, Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Tanggal 30-31 Agustus, Sekaligus Keutamaan Pahala Di Dalamnya !

    0
    188454
    niat-puasa-sunnah-dzulhijjah
    Copyright©turkla

    Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah, Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Tanggal 30-31 Agustus, Sekaligus Keutamaan Pahala Di Dalamnya !

    Indowarta.com– Alhamdulillah kita masih diberika kesempatan untuk bertemu dengan bulan Dzulhijjah 1438 H. Tidak hanya dipertemukan dengan hari raya Idul Adha, di bulan Dzulhijjah ini kita juga akan dipertemukan dengan dua puasa sunnah yakni puasa arafah dan tarwiyah.

    Tentu saja puasa sunah tersebut juga mempunyai keistimewaan tersendiri. Keistimewaan dari puasa sunah ini adalah dosa-dosa kita akan diampuni dari satu tahun ke belakang hingga ke satu tahun ke depan.

    Adapun hadis yang menerangkan tentang puasa Arafah adalah dari Abu Qatadah Al_Ashari RA RosulAllah ditanyai tentang puasa sunnah hari arafah Rosul menjawab”puasa arafah di hitung di sisi Allah sebagai menghapus dosa tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya”. (HR Muslim). Selain puasa arafah, para umat Islam juga dianjurkan untuk membaca amalan yang banyak dan bermanfaat.

    niat-puasa-sunnah-dzulhijjah
    Copyright©turkla

    Puasa sunah ini diberi nama puasa arafah karena semua jemaah haji sedang berwukup di padang arafah berbeda lagi dengan puasa tarwiyah yang waktu pelaksanaannya adalah pada tanggal 8 Dzulhijjah. Dibanamakan dengan puasa Tarwiyah karena pada saat itu para jemaah hati sedang berangat untuk pergi ke pada arafah untuk berwukup. Untuk keistimewaan dari puasa sunah ini sendiri adalah dihapusnya dosa manusia selama satu tahun.

    Dua puasa sunnah ini dilaksanakan dua hari sebelum peringatan hari raya Idul Adha. Tentu saja seluruh umat Islam di dunia sudah menanti-nanti datangan dua puasa sunah ini yakni puasa arafah dan juga puasa tarwiyah.

    Diluar itu, ada juga keistimewaan yang terdapat pada bulan Dzulhijjah ini. Salah satu keistimewaannya adalah pada hari ke 1 bulan Dzulhijjah dimana Allah SWT telah mengampuni dosa dari Nabi Adam AS. Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka Allah akan mengampuni segala dosanya.

    Berikut adalah bacaan Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah adalah NAWAITU SAUMA TARWIYAH SUNNATAN LILAHITA’ALLAH. Sendangkan bacaan niat puasa arafah adalah NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILAHITA’ALLAH.

    baca juga :

    Berita Terkini: Uber Kini Rilis Fitur Keamanan Demi Peringatkan Driver Nakal !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here