Berita Terkini: Mengintip Penampakan Asteroid Sebesar Bus yang Nyaris Hantam Bumi Rabu 7 September Kemarin !

    0
    1856
    Asteroid Nyaris Hantam Bumi

    Berita Terkini: Mengintip Penampakan Asteroid Sebesar Bus yang Nyaris Hantam Bumi Rabu 7 September Kemarin !

    Indowarta.com– Pada hari Rabu 7 September 2016 kemarin sebuah asteroid yang memiliki ukuran sebesar bus sekolah telah melintas di dekat bumi dalam jarang yang sangat dekat. Objek tersebut telah ditemukan paa tanggal 5 September 2016 silam atau hanya dua hari sebelumnya sebelum benda luar angkasa tersebut melewanti planet yang ktia tinggali ini.

    Asteroid tersebut bernama 2016 RB1 yang memiliki ukuran 4 sampai 14 meter. Near Earth Object Program NASA menilai bahwa 2016 RB1 ini meluncur melewati bumi dengan kecepatan realtif yang lebih dari 8,13 kilometer per detik. Asteroid Nyaris Hantam Bumi ini mempunyai jarak hingga 38.463 kilometer dari permukaan bumi atau sepersepuluh rata-rata antara Bumi dengan Bulan.

    Asteroid 2016 RB1 ini juga melintas sangat dekat dengan satellit komunikasi Bumi. Satelit tersebut telah mengorbit di ketinggian sekitar 35.900 kilometer. Namun menurut Eartsky, penduduk bumi tidak perlu panik karena tidak terdapat resiko yang akan ditimbulkan atas insiden tersebut.

    Asteroid Nyaris Hantam Bumi

    Dengan menggunakan teleskop Vassegrain para astronom pertama kali melihat Asteroid Nyaris Hantam Bumi tersebut. pada saat itu mereka memantau asteroid tersebut dari Mount Lemmon Survey, University of Arizona. Selain itu pengamat bumi belahan bagian selatan telah berhasil menangkap asteroiid 2016 RB1 dengan menggunakan teleskop. Namun terlalu redup apabila dilihat denga menggunakan mata telanjang saja.

    Gianluca Masi dari Virtual Telescope Project di Italia telah menangkap gambar pada saat asteroid tersebut mendekati bumi. Setelah itu mereka telah membuat animasi pergerakan dari objek luar angkasa tersebut.

    Asteroid yang berusan melintas di bumi tersebut adalah termasuk ke dalam batuan angkasa luar angkasa yang disebut dengan Atens. Kelompok objek yang melintas di dekat bumi atau yang disebut dengan near Earth Objects (NEOs) tersebut telah mengorbit di planet dalam tata surya seperti Bumi, Mars, Venus dan juga Merkurius.

    Walaupun begitu, asteroid ini sama sekalil tidak mengancam bumi. Asteroid tersebut bukan merupakan satu-satunya asteroid yang melintasi di bumi hingga sedekat itu.

    baca juga :

    Berita Terkini : 7 Dasar yang Menjadi Skenario Kiamat 29 Juli 2016, Logiskah ?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here