Ini Lho Keutamaan Dan Pahala yang Didapat Jika Mau Melakukan Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Besok !

0
6652
idul adha

Ini Lho Keutamaan Dan Pahala yang Didapat Jika Mau Melakukan Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Besok !

Indowarta.com– Puasa Sunnah memang tidak wajib untuk dilakukan. Namun bila memapu melakukannya, maka pahala yang kita dapat akan sangat berlimpah derajatnya. Puasa sunah yang dekat-dekat ini bisa dilaksanakan adalah pusa Idul Adha atau puasa Arafah. Puasa sunah ini dilaksanakan sehari sebelum hari raya Idul Adha.

Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada tanggal tersebut tepat waktu jemaah haji sedang melaksanakan ibada wukuf di Arafah yakni tepatnya pada sehari sebelum hari raya Idul Adha. Sesuai dengan keputusan dari Kementerian Agama Indonesia dan Mahkamah Saudi yang secara serentak bahwa menyatakan 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Sabtu 3 September 2016.

Hal itu berarti puasa Arafah tahun 2016 ini jatuh pada hari Ahad 11 September 2016. Adapun orang yang sedang berhaji dan saat itu berada di Arafah. Menurut Imam Syafi’i menyebutkan bahwa disunnah bagi jemaah haji untuk tidak berpuasa karena adanya hadits dari Ummul Fadhl.

idul adha

Ibnu Muflih dalam Al Furu’ -yang merupakan kitab pegangan madzhab hanbali- (3: 108) mengatakan, “Disunnahkan melaksanakan puasa pada 10 hari pertama Dzulhijjah, lebih-lebih lagi puasa pada hari kesembilan, yaitu hari Arafah.

Berikut adalah beberapa keutamaan dari puasa sunah Arafah ini yakni :

  1. Allah SWT akan mengampuni dosa selama dua tahun yakni satu tahun kebelakang dan juga satu tahun kedepan.
  2. Allah SWT akan menjaganya untuk tidak berbuat dosa selama dua tahun.
  3. Dibebaskan dari api neraka.

Dalil yang menyebutkan dengan tegas tentang keutamaan dari puasa arafah ini adalah hadits dari Abu Qatadah Al-Anshari Radhiallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, “Puasa Arafah dihitung di sisi Allah sebagai menghapus (dosa) tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya”. (HR. Muslim)

Sedangkan untuk untuk yang sedang melaksanakan ibadah haji tidak disunahkan untuk melaksanakan puasa Arafah. Hal ini sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

baca juga :

Berita Terkini: Jasa Marga Prediksikan Puncak Arus Mudik Libur Hari Raya Idul Adha terjadi Mulai Hari Ini 9 September 2016 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here