Berita Terkini: Menjelang Puncak Haji, Satgas Mina Diminta Matangkan Personil !

0
3388
haji

Berita Terkini: Menjelang Puncak Haji, Satgas Mina Diminta Matangkan Personil !

Indowarta.com– Nasrullah Jasam yang merupakan Kepala Daerah Kerja Madinah telah mengatakan bahwa Satuan Tugas (Satgas) Mina telah melakukan pematangan persiapan akhir menjelang rangkaian proses haji 2016. Di dalam situs Kementerian Agama, Nasrullah menjelaskan bahwa tim yang bertugas di Mina nanti adalah petugas dan Daerah Kerja Madinah.

Menurut Nasrullah, penugasan di Madinah bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu tim harus mempersiapkan segalanya dengan sangat matang termasuk juga kelengkapan perlengkapan selama bertugas.

Ketika berada di pemondokan 103 wilayah Mahbas Jin, Makkah pada hari Jumat 9 September 2016 Nasrullah mengatakan “Siapkan juga peta Mina lengkap yang menunjukkan posisi Tim Gerak Cepat,”. Menurut Nasrullah tidak hanya peta yang menunjukkan posisi posko namun juga peta yang menunjukkan Tim Gerak Cepat. Kelengkapan peta ini sangat penting agar petugas bisa mengetahui di mana posisi Tim Gerak Cepat jika sewaktu-waktu jemaah membutuhkan pelayanan.

Berdasarkan pengalaman, masa krusial biasanya akan terjadi pada tanggal 10 Dzulhijjah. Biasanya pada tanggal tersebut para jemaah mulai berada pada titik kelelahan.

haji

Tahun sebelumnya, pada tanggal tersebut banyak informsi yang masuk terkait dengan jemaah yang sakit dan juga pingsan. Oleh sebab itu perlu diketahui jalur evakuasi yang jelas.

Nasrullah menyebutkan bahwa petugas juga harus mengetahui posisi jemaah pada saat itu. Bila ada yang sakit, harus tahu kemana dirujuk. Upaya juga diperlukan agar kondisi dan posisi jemaah bisa dipantau.

Nasrullah sangat berharap bahwa beberapa jemaah yang masih dirawat di Madinah, bila kondisi memang memungkinkan, maka bisa diusulkan untuk ke Makkah untuk mengikuti safar wukuf. Sementara itu untuk pelaksanaan tugas satgas mina dan juga rangkaian haji secara keseluruhan, Nasrullah berharap untuk bisa berjalan dengan lancar.

Kepala Seksi Kesehatan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah yakni Tjetjep Ali Akbar mengatakan bahwa selain Tim Gerak Cepat, Satgas Mina juga  harus diperkuat dengan Tim Promotif dan juga Prepentif.

baca juga :

Masih Ingat Mila Wati, Perawan Yang Dinikahi Haji Nasir Ini Suka Upload Foto Hot Lho Di FB Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here