Berita Terkini: Masyarakat Dihimbau Tak Panik Akan Datangnya Fenomena Equinox !

0
2802
fenomena-equinox
Copyright©cdimage

Berita Terkini: Masyarakat Dihimbau Tak Panik Akan Datangnya Fenomena Equinox !

Indowarta.com– Masyarakat kini telah dihimbau agar tidak merasa khawatir mengenai akan kembali munculnya fenomena alam yang disebut dengan equinox. Fenomena alam ini akan menyebabkan meningkatnya suhu di udara. Hal itu telah ditegaskan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

Kasi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam yakni Suratman pada hari Kamis tanggal 8 September 2016 menyebutkan bahwa masyarakat tidak perlu untuk merasa khawatir karena kenaikannya tidak akan berlangsung signifikan.

Menurutnya, dampak dari fenomena ini adalah telah munculnya gelombagn panas secara signifikan yang terjadi di beberapa negara namun tidak pada Indonesia khsusnya Batam dan juga Kepulauan Riau. Terkait dengan berita yang menyebutkan bahwa kenaikan suhu udara yang bisa mencapai 40 derajat Celcius, pihak BMKG sendiri telah membantah hal tersebut.

Fenomena equinox ini memang merupakan peristiwa yang sudah wajar terjadi. Dalam periode satu tahun ini, fenomena alam equinox ini akan terjadi selama dua kali.

fenomena-equinox-1
Copyright©iberita

Suratman menjelaskan bahwa biasanya fenomena equinox ini biasanya terjadi diantara tanggal 19  hingga 21 Maret dan juga 22 sampai 23 September pada setiap tahunnya. Fenomena ini memang merupakan salah satu bagian dari pergantian musim. Terutama pada belahan bumi bagian utara dan juga selatanyang memiliki iklim subtropis.

Lalu pada bulan Maret akan terjadi equinox musim panas pada saat terjadi peralihan musim dingin ke musim panas. Hal ini akan terjadi pada wilayah yang memiliki iklim subtropis. Sedangkan pada bulan September akan terjadi equinox musim gugur yang akan terjadi pasa saat peralihan dari musim panas ke musim dingin. Pada dua jensi equinox ini , balahan bumi bagian utara dan selatan Bumi akan terpapar sinar matahari secara merata.

Masyrakat dihimbau agar tidak merasa khawatir dengan fenomena alam yang akan terjadi ini. BMKG sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa tidak akan terjadi perubahan yang berdampak signifikan pada cuaca ini.

baca juga :

Ini Lho Keutamaan Dan Pahala yang Didapat Jika Mau Melakukan Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Besok !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here