Berita Hari Ini: 229 Jamaah Haji Indonesia Ditahan Di Arab Saudi, Kenapa ?

0
929

Berita Hari Ini: 229 Jamaah Haji Indonesia Ditahan Di Arab Saudi, Kenapa ?

Indowarta.com– Menteri Luar Negeri  yakni Retno LP Marsudi telah menyebutkan bahwa pada saat ini ada 229 warga negara Indonesia yang telah ditahan karena mengalami masalah hukum pada saat menunaikan ibadah haji di Arab Saudi. Hal ini berdasarkan komunikasi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berada di Jeddah.

Pada saat berada di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada hari Jumat, Retno mengatakan bahwa sekarang mereka sedang berada di tahanan yang terletak sekitar 50 kilometer di Mekkah.  Tahanan perempuan dan laki-laki dipisah. Namun pada saat ini KJRI sendiri sudah mendapatkan akses untuk bertemeu dengan mereka yang ditahan tersebut.

Retno menyebutkan bahwa sebagian dari mereka ditahanan karena tidak memilliki izin untuk menunaikan ibadah haji. Namun ada juga yang memiliki izin menunaikan ibadah haji tetapi mereka di Tanah Suci lebih lama dari pada izin yang telah dikantongi.

Retno mengatakan “Dan setelah liburan haji ini, KJRI akan bertemu lagi dengan mereka dan memastikan kami akan melakukan pendampingan hukum terhadap lebih dari 200-an warga kita,”. Retno sendiri juga bisa memastikan bahwa kondisi para Jamaah Haji Indonesia  yang ditahan tersebut dalam keadaan baik dan juga sehat.

Jemaah Haji Indonesia

Terkait dengan masalah ini, pihak dari Menteri Luar Negeri juga telah berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. Dia memastikan bahwa akan ada tindakan sehingga hal seperti ini tidak akan terjadi lagi di tahun selanjutnya.

Tentu saja untuk menghindari kejadian serupa terjadi lagi , hal ini juga bukan merupakan tugas Kemenlu saja, namun Kapolri juga harus ikut andil dalam hal ini.

Sementara itu terkait dengan Jamaah Haji Indonesia  yang menggunakan paspor palsu Filipina, kini pihak polilsi sudah menetapkan sebanyak tujuh tersangka. Tujuh tersangka itu adalah pimpinan dari agen pemberangkatan haji di Indonesia.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan bahwa dalam kurun waktu Agustus hingga bulan September 2016, polisi telah menerima sebanyak lima laporan yang terkait degnan penipuan calon Jamaah Haji Indonesia.

baca juga :

Berita Terkini: Menjelang Puncak Haji, Satgas Mina Diminta Matangkan Personil !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here