Berita Terkini: Cek Aturan Baru Yang Diberlakukan Untuk BPJS Kesehatan Sejak 1 September Kemarin !

0
1821
bpjs kesehatan
Copyright©sindonews

Berita Terkini: Cek Aturan Baru Yang Diberlakukan Untuk BPJS Kesehatan Sejak 1 September Kemarin !

Indowarta.com– Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan kini telah memberlakukan sistema pembayaran yang baru. Sistem pambayaran baru ini melalui Virtual Account (VA) untuk seluruh anggota keluarga.

Pada saat acara Konferensi Pers “VA Keluarga dan Denda Pelayanan” di Kantor Pusat BPJS Kesehatan pada hari Rabu 14 September 2016, Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan yakni Bayu Wahyudi mengatakan bahwa mulai tanggal 1 September 2016 ini peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berada di kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri kini bisa melakukan pembayaran dengan sistem VA untuk seluruh anggota keluarga atau VA keluarga.

Dengan diberlakukannya sistem VA keluarga ini, diharapkan akan bisa meningkatkan jumlah keaktifak dari peserta JKN-KIS khususnya untuk menyadarkan masyarakat untuk membayar iuran dengan tepat waktu dan juga disiplin.

Tidak hanya membuat tertib, sistem ini juga akan memberikan keuntungan kepada peserta karena hal ini bisa membuat semua anggota keluarga tidak perlu membayar semua, belum lagi biaya tambahan administrasi. Dengan diberlakukannya sistem VA keluarga ini, peserta JKN-KIS cukup hanya menunjukkan satu VA saja untuk melakukan pembayaran kepada seluruh anggota keluarga.

BPJS kesehatan

Bayu menjelaskan bahwa pada saat ingin membayar iuran peserta tidak akan perlu harus mencata dan juga menunjukkan seluruh nomro peserta keluarganya ketika mendaftar. Tidak hanya itu, peserta akan menjadi lebih hemat karena ketika membayar iuran di outlet PPOB yang telah menerima sistema pembayaran iuran BPJS Kesehatan, karena biaya administrasi transaksi yang dikenakan hanya satu kali untuk transaksi seluruh anggota keluarga.

Pembayaran iuran untuk satu keluarga ini bebas biaya administrasi di seluruh chanel perbankan yang berkerjsama dengan BPJS kesehatan. Untuk memastikan bahwa pembayaran VA keluarga  yang telah dilakukan oleh peserta sudah mencakup seluruh anggota keluarga, maka bisa dilakukan pengecekan secara mandir di website BPJS Kesehatan pada menu Cek Iuran. Bisa juga langsung datang ke kantor cabang BPJS kesehatan.

baca juga :

Berita Terkini: Direktur BPJS Ketenagakerjaan Turun Langsung Layani Pelanggan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here