Berkenalan Dengan Sosok Jean Batten, Wanita Penerbang Pertama yang Masuk Dalam Google Doodle Hari Ini !

    0
    677
    jean batten
    Copyright©nzhistory

    Berkenalan Dengan Sosok Jean Batten, Wanita Penerbang Pertama yang Masuk Dalam Google Doodle Hari Ini !

    Indowarta.com– Google doodle kalli ini telah memperingati hari tepat usia yang ke 107 dari wanita yang bernama Jean Batten.  Pada halaman awal Google, kita akan menyaksikan gambar Jean Batten disana. Jean Batten lahir di Rotorua, Pulau Utara, Selandia pada 15 September 1909.

    Dalam sejarah singkatnya, Jean Batten merupakan penerbang wanit yang pertama kali memecahkan rekor dunia dengan melakukan penerbangan sendirian dari Inggris ke Selandia Baru. Akumulasi dari penerbangannya tersebut adalah 11 jam 45 menit yang terjadi pada tahun 1936.

    Jean Batten meninggal dunia tepat pada tanggal 22 November 1982 di Palma de Mallorca, Spanyol karena komplikasi gigian anjing. Jean Batten merupakan wanita yang terkenal dengan wanita penembus rekor penerbangan trans dunia.

    Ketika dirinya masih berusia 18 tahun, dirinya sudah memiliki tekad yang sangat besar untuk menjadi seorang pilot dan juga mengambil penerbangan solo pertamanya pada tahun 1930. Dirinya memperoleh lisensi penerbangan pribadi dan komersial pada tahun 1932, meminjam dana sebesar 500 poundsterling dari Fred Truman.

    jean batten
    Copyright©nzedge

    Kemudian pada bulan Mei 1934, Batten berhasil melakukan penerbangan solo dari Inggris ke Australia dalam Gipsy Moth. Prestasi yang berhasil dia ukir dalam bidang penerbangan memecahkan rekor dunia adalah diantaranya dirinya pernah mendapatkan anugerah harmon Trophy selama tiga kali yakni pada tahun 1935, 1936, 1937. Selain itu dirinya juga berhasil menerima kontrak dukungan dari castrol minyak. Batten juga sempat menuliskan buku tentang perjalanannya yakni penerbangan solo.

    Ditambah lagi Batten juga pernah memecahkan rekor Percival Gull Enam yang bernama Jean pada penutup mesin yang di pertunjukkan di UK tahun 1954. Setelah itu, Jean membeli Percival Gull Enam monoplane, G-ADPR yang diberi nama Jean.

    Selama terjadi perang dunia ynag ke 2, dirinya tidak memperoleh pekerjaan dan akhirnya dirinya memilih untuk berhenti terbang. Kemdian dirinya menjadi pertapa yang hidup dengan ibunya di Malorca, Spanyol. Masih banyak lagi prestasi yang telah diraih oleh Jean Batten. Tak hayal apabila Google ikut memberi penghargaan kepada Jean Batten dengan membuat Doodle.

    baca juga :

    Nama Asep Sunandar Diabadikan Dalam Moment Google Doodle Hari Ini !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here