Berita Terkini: Presiden Jokowi Tetapkan 12 Gambar Pahlawan Nasional Hiasi Uang Baru yang Akan Terbit Tahun Ini !

0
2559
uang pecahan 100 ribu
Copyright©kotaknews

Berita Terkini: Presiden Jokowi Tetapkan 12 Gambar Pahlawan Nasional Hiasi Uang Baru yang Akan Terbit Tahun Ini !

Indowarta.com– Pemerintah RI kini telah memutuskan akan menggunakan 12 gambar Pahlawan Nasional yang akan menghiasi mata Uang Baru rupiah yang baru. 12 pahlawan tersebut telah dipilih untuk dijadikan gambar utama mata uang Rupiah kertas dan juga logam NKRI sebagai bentuk penghargaan atas jasa mereka.

Hal ini berdasarkan dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keputusan Presiden tersebut juga telah mendapatkan tanda tanggan dari Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 September yang lalu.

Gambar dari Dr. Ir. Soekarno dan Dr. Drs. Mohammad Hatta akan tetap menghiasa bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 100.000. sedangkan untuk bagian depan Rupiah keras NKRI pecahan Rp 50.000 akan menggunakan gambar Ir. H. Djuanda Kartawidjaja. Kemudian gambar dari Dr. G.S.S.J. Ratulangi akan menghiasi bagian depan Rupiah kerta NKRI pecahan Rp 20.000.

Uang Baru
Copyright©sindonews

Tidak hanya pada uang kertas saja, pergantian gambar ini juga akan berlaku untuk uang logam juga. Bagian depan uang Rupiah logam NKRI pecahan Rp 1.000 akan dijiasi dengan gambar dMr. I Gusti Ketut Pudja. Kemudian pada uang Rupiah logam NKRI pecahan Rp 500 akan dihiasi gambar Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang. Kemudian untuk uang pecahan Rp 200 adalah Dr. Tjiptomangunkusumo dan pecahan uang logam Rp 100 adalah Prof. Dr. Ir. Herman Johanes.

Hal ini juga telah ditegaskan oleh Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral di Indonesia. Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan bahwa bank sentral akan menerbitkan uang kertas dan juga uang logam dengan desain yang baru pada tahun 2016 ini. Namun saat ini pihak Bank sendiri masih harus merancang desainnya.

Untu mempermudah indentifikasi keaslian uang rupiah oleh masyarakat dan juga mempersulit upaya untuk memalsukan uang, BI akan melakukan penguatan unsur pengaman pada uang rupiah yang akan diterbitkan.

baca juga :

Berita Terkini: Wow. .Pasangan Suami Istri Ini Harus Bayar Administrasi Senilai Rp4.5 Juta Untuk Dapatkan KTP, KK dan Administrasi Nikah !’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here