Berita Terkini: Begini Pengakuan KPK Usai Ciduk Irman Gusman Lantaran Terima Suap !

0
677
isman-gusman
Copyright ©nasional.kompas

Berita Terkini: Begini Pengakuan KPK Usai Ciduk Irman Gusman Lantaran Terima Suap !

Indowarta.com – Kasus yang telah menjerat Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman yang terjerat kasus dugaan suap, terkait dengan jatah distribusi gula impor, sehingga dirinya harus diperiksa oleh KPK atas kasus tersebut.

Menurut Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif yang mengungkapkan, bahwa apa yang telah dilakukan oleh Irman Gusman tersebut adalah perbuatan yang sangat tercela. Karena ini memperdagangkan pengaruh untuk mendapatkan uang.

“Di mata KPK bukan nilai uangnya yang penting, tapi memperdagangkan pengaruh dengan imbalan untuk mendapatkan uang itu sangat-sangat tercela apalagi dilakukan oleh pimpinan tertinggi suatu lembaga negara,” ungkap Syarif (18/9/16).

Dan pihak KPK akan terus melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Menurut Syarif apa yang telah dilakukan oleh Irman Gusman tersebut adalah perbuatan yang telah melanggar hukum, dari kewenangannya sebagai ketua DPD.

Apalagi perusahaan yang telah melakukan suap kepada Irman Gusman ini sedang mengalami masalah hukum, hal ini terkait dengan kuota impor gula tersebut. sehingga hal ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut dari KPK.

kasus-suap
Copyright ©satumedia

“Bayangkan meminta Direktur Bulog untuk memberikan jatah pada perusahaan yang sedang tersangkut masalah hukum di Pengadilan Negeri Padang,” tuturnya.

Irman Gusman yang telah ditangkap tangan oleh KPK di rumah dinasnnya pada hari Sabtu (17/9/16) dinihari. Saat operasi tangkap tangan tersebut KPK telah menemukan barang bukti uang sebasar Rp 100 juta, uang tersebut diduga dari kasus suap yang terkaid dengan kuota distribusi gula impor.

Kasus suap yang telah menjerat Irman Gusman terkait dengan distribusi gula impor oelh Perum Bulog, yang telah dikirim kepada CV Semesta Berjaya yang berada di Sumatra Barat, dan distribusi ini untuk jatah pada tahun 2016.

Pihak dari KPK terkait dengan kasus ini sudah menetapkan tiga tersangkan, dari tigha tersangka tersebut salah satunya Irman Gusman yang juga terkait dengan kasus ini. Dua orang  tersangka lainnya adalah orang yang telah memberikan suap, yaitu Xaveriandy Sutanto dan Memi.

Kedua tersangka tersebut adalah suami istrri, Xaveriandy adalah seorang direktur Utama di dalam perusahaan CV Semesta Berjaya, dan sekarang sedang menjalani penyelidikan dari KPK.

baca juga : Berita Hari Ini : Mengenal Sosok Bang Uci Alias Mohamad Sanusi, Politisi KPK Yang Diringkus KPK Atas Dugaan Kasus Suap !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here