Berita Terkini: Sidang Jessica Wongso Lagi Lagi Berlangsung Gaduh, Hakim, Jaksa Sekaligus Pangacara Dilaporkan !

0
4831
sidang-jessica-wongso
Copyright ©gnews

Berita Terkini: Sidang Jessica Wongso Lagi Lagi Berlangsung Gaduh, Hakim, Jaksa Sekaligus Pangacara Dilaporkan !

Indowarta.comSidang Jessica Wongso yang telah diduga membunuh rekannya Mirna Salihin dengan dugaan racun sianida, sidang yang berjalan sudah beberapa bulan ini berjalan ‘gaduh’ san ‘tidak menjamin azas praduga tak bersalah’, hal ini menurut tanggapan dari direktur Himpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI), Jakarta.

Dalam jalannya sidangan Jessica Wongso yang telah dipimpin oleh tiga hakim yang akan dilaporkan ke pihak Komisi Yudisial Senin (19/9/16), dan juga kuasa hukum Jessica dan Jaksa Penuntut Hukum (JPU), yang akan dilaporkan masing-masing ke Komisi Kejaksaan dan Dewan Kehormatan Advokat dalam pekan ini, ungkap Simon Fernando selaku direktur dari PBHI Jakarta.

Sidang Jessica wongso yang selalu di gelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ini, selalu disiarkan sacara langsung oleh televisi swasta hingga persidangan berakhir, dan rencannya sidang lanjutan yang akan digelar kali ini mendengarkan saksi yang telah didatangkan oleh pihak Jessica.

“(Setelah melaporkan hakim), jaksa, penasehat hukum akan dilaporkan semuanya termasuk penyidik. (Sidang) yang kami tonton yang disiarkan secara masif itu memalukan negara,” ungkap Simon kepada BBC Indonesia.

Kegaduhan yang telah terjadi dalam sidang Jessica Wongso ini salah satu contoh yang dikatakan Simon antara lain, telah membiarkan pengancara Jessica dan jaksa penuntut umum dalam berucap. Serta adanya menteri yang telah masuk dalam ruang persidangan tersebut.

jessica wongso
Copyright ©Sidang Jessica Wongso

Simon juga mengungkapkan, bahwa mentri yang telah masuk dalam sidangan Jessica Wongso adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, pihaknya yang telah muncul dalam pensidangan yang digelar pada hari Kamis (15/9/16).

Dalam kicauan di twitter yang telah menyindir sidang Jessica Wongso yang dikicau lebih dari 3.000 kali Senin (19/09), dan banyak komentar yang datang dengan menyindir persidangan tersebut, karena siaran yang secara langsung ditayangkan itu terlalu lama.

Simon juga menambahkan keputusan dari Komisi Yudisial yang akan diperkirakan keluar setelah vonis mengenai sidang Jessica Wongso. Akan tetapi, kalau adanya barang bukti yang nyata, dan adanya keperpihakan dalam persidangan.

“Yang kami pertanyakan adalah apakah hakim telah melaksanakan, mengupayakan sidang berjalan dengan tertib dan tenang dan apakah telah memberi kesempatan seluasnya kepada para pihak JPU (Jaksa Penuntut Umum) dan terdakwa serta mengontrol para pihak sesuai dengan hukum acara, dan tak mengarahkan, mengintimidasi dan membatasi,” kata Simon

baca juga : Berita Terkini: Jessica Wongso Siap Hadirkan Saksi Fakta Dalam Sidang Lanjutan Ke-22 Hari Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here