Berita Terkini: Begini Detik Detik Banjir Bandang Di Garut yang Tewaskan 23 Korban Jiwa !

0
3064
banjir-di-garut
Copyright ©okezone

Berita Terkini: Begini Detik Detik Banjir Bandang Di Garut yang Tewaskan 23 Korban Jiwa !

Indowarta.comBanjir bandang Garut yang telah terjadi pada Rabu (21/9/16) dini hari telah menorehkan rasa simpati dari masyarakat Indonesia. Dan kejadian tersebut dapat dilihat dari beberapa warga yang beradA di dataran tinggi Garut.

Menurut salah satu pengakuan warga sekitar  jalan Cimanuk yang berada di dataran tinggi, mereka mengungkapkan bahwa banjir bandang Garut seperti stunami karena sangatlah bersar, dan banjir yang langsung mengarah pada dataran rendah sekitar daerah Tarogong Kidul.

“Di sana kan lokasi permukimannya di bawah dan samping Sungai Cimanuk persis. Jembatan Sungai Cimanuk ini ke dasar sungai itu ada sekitar 15 meter dan luas. Terbayang kan air meluapnya sangat besar. Kalau ke atas cuma cipratannya saja, tetapi tetap ada air besar masuk ke jalan atas ini,” ungkap Fikri salah satu warga tersebut.

Dia saat itu yang melihat kejadian tersebut secara langsung megakui bahwa dirinya kaget saat itu, karena air yang sangat besar telah menutup jembatan dan mengalir menuju RSUD Garut yang berada pada posisi yang lebih menurun.

Daerah yang terkena banjir bandang Garut tersebut merupakan daerah dengan padat penduduk yang telah dihuni ribuan warga, kejaidan itu juga sampai mengarah pada kantor bupati Garut.

“Ke arah selatan itu lembah. Jadi, daerah yang terbelah Sungai Cimanuk di kawasan kota posisinya lembah dan di bawah daripada daerah lain di Garut. Itu daerah Tarogong Kidul,” ujar Fikri.

Banjir Garut
Copyright©republlika

Fikri yang saat itu melihat kejadian banjir bandang Garut secara langsung merasa ketakutan sendiri, dia yang mengajak orang alin untuk melihat secara langsung kejadian tersebut, kejadian yang telah menerjang jalan, rumah dan beberapa bangunan lainnya.

Area yang telah dikenal dengan area yang sering mengalami macet pada siang hari, bahkan area yang diterjang banjir bandang Garut itu juga masih sering juga mengalami kemacetan ketika malam hari.

Polda Jabar telah mengungkapkan keterangan baru dari banjir bandang Garut, dalam catatan yang telah dihimpun dari pihaknya hingga Rabu (21/9/16) malam, pukul 20.00 Wib, jumalah korban terus bertambah saat melakukan evakuasi.

“Korban meninggal dunia 23 orang, luka berat 4 orang dan luka ringan 27 orang,” kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus via pesan singkat, pada pukul 20.10 WIB.

Korban saat ini dievakuasi dan diidentifikasi di RS TNI AD Guntur Garut. Sedangkan menurut pihaknya korban banjir bandang Garut ini yang hilang sebanyak 12 orang, polisi masih berkoordinasi dengan instasi terkait dalam pencarian korban tersebut.

baca juga : Berita Terkini: Korban Banjir Bandang Di Garut Bertambah Jadi 16 Orang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here