Berita Hari Ini: Gunung Bromo Keluarkan Bau Belerang, Penurunan Status Dikaji Ulang!!

0
747
[email protected]

Berita Hari Ini: Gunung Bromo Keluarkan Bau Belerang, Penurunan Status Dikaji Ulang!!

Indowarta.com– Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang mempunyai pusat di Bandung tersebut sedang mengkaji tentang perkembangan Aktivitas dari Gunung Bromo yang berada di Jawa Timur Tersebut.

Kepala PVMBG Pos Pantau Gunung Api, Gunung Bromo di Cemorolawang, Probolinggo, Ahmad Subhan mengatakan bahwa Aktivitas dari gunung Bromo yang terus sampai saat ini dikaji oleh Pusat. Ia menambahkan bahwa semoga saja dalam waktu dekat status dari Gunung Bromo bisa menurun dansemua data pendukung masih dikaji oleh pusat.

Data Pos PGA Gunung Bromo pukul 06.00-12.00 WIB terlihat kepulan asap kawah putih tipis dengan tekanan yang sangat lemah. Kepulan asap tersebut memiliki tinggi sekitar  100 Meter dari puncak atau sekitar 2.429 meter dpl mengarah ke Barat dan barat Daya. Sedangkan Tremor Amax terjadi antara 1-2 Milimeter dengan dominan 1 Milimeter dan dengan status masih Tetap Siaga.

Data sebelumnya, pukul 00.00-06.00 WIB tercatat kepulan Asap kawah di amati tipis dan sedang dengan tekanan yang lemah. Tinggi kepulan asap tersebut berkisar 400 Meter dari puncak atau sekitar 2.729 meter dpl yang mengarah ke barat dan barat Daya.

Copyright@Regional Kompas.com
[email protected] Kompas.com

Selain hal itu juga tercium bau belerang ringan di Pis PGA Tremor Amax antara 1-2 Milimeter dengan dominan1 Milimeter.

Rekaman aktivitas Gunung Bromo sehari sebelumnya pada tanggal 21 Februari 2016 pukul 18.00-24-00 WIB, tercatat kepulan asap asap putih kelabu tipis dengan ketinggian 200 meter dari puncak. Tremor Amax antara 1-5 milimeter dengan dominan 2 milimeter.

Bau belerang sudah tercium sampai pos Pantau. Akan tetapi belum ada keterangan lebih lanjut perkara bau belerang yang menyengat hingga pos pantau tersebut.

Petugas kepada BMKG Juanda kepada Surya mengatakan bahwa hingga saat ini Status dari Bromo masih tetap siaga. Dan belum juga ada penurunan hingga ada Tinjauan dari pusat.

Saat ini, Cuaca di sekitar gunung Bromo cerah mendung. Angin juga berhembus tenang dan suhunya berkisar 10 – 13 Derajat Celcius. Sementara Semburan dari Debu Vulkanik yang dikeluarkan Gunung Bromo mencapai 400 Meter.

baca juga : Akibat Erupsi Gunung Bromo Warga Kekurangan Air Bersih- Bantuan Belum Mengalir !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here