Berita Hari Ini: Ahli Toksikologi Beberklan Reaksi Sianida Terhadap Kopi Mirna !

0
831
Ahli Toksikologi
Copyright©fast4test

Berita Hari Ini: Ahli Toksikologi Beberklan Reaksi Sianida Terhadap Kopi Mirna !

Indowarta.com– Tim Pusat Laboratorium Forensi Bareskrim Polri bersama dengan ahli toksikologi forensik I Made Agus Gelgel Wirasuta telah membeberkan reaksi dari sianida yang telah dituangkan ke dalam segelas kopi Vietnam yang telah diminum oleh I Wayan Mirna Salihin di Kafe Olivier, Grand Indonesia pada tanggal 6 Januari 2016.

Tima telah menyiapkan dua gelas es kopi Vietnam pada uji coba yang digelar tersebut. dari dua gelas tersebut satu diantaranya telah langsung dituangkan ke dalam sianida yang berbentuk serbuk. Kemudian sianida tersebut telah dicampur dan juga diaduk. Salah satu langsung menunjukkan reaksi dan telah berubah warna menjadi lebih kehijauan.

Ahli toksikologi forensik I Made Agus Gelgel Wirasuta di Kafe Olivier, Jakarta pada hari Kamis 22 September 2016 mengatakan “Tujuan percobaan, kita berikan pembelajaran ke masyarakat. Bahwa percobaan yang kita berikan ini adalah fakta di mana korban meminum kopi yang sudah bercampur sianida,”.

Selain itu Gelgel juga menyebutkan bahwa percobaan ini sekalligus telah membantah keterangan ahli dari terdakwa Jessica Wongso yakni Dr. Budiawan. Pada sidang yang telah digelar sebelumnya, ahli toksikologi yang berasal dari Universitas Indonesia itu telah menyebutkan bahwa orang yang berada di dekat Mirna itu mengalami Pusing ketika mencium aroma dari sianida yang telah dilarutkan ke dalam kopi Vietnam.

jessica wognso
Copyright©poskotanews

Gelgel mengatakan “Silakan menilai secara logis. Jika dibandingkan, ada perbedaan ahli yang ditampilkan Jessica dan jaksa penuntut umum (JPU),”.

Gelgel mengatakan pada saat dirinya menambahkan bubut sianida sebanyak 5 gram ke dalam kopi tersebut, tidak menimbulkan bau yang menyengat. Apalagi bau tersebut sampai membuat pusing orang pada saat mencium aroma dari sianida. Dirinya dan juga tim Puslabfor tidak mengenakan masker ketiak menguji coba memasukkan racun tersebut. Gelgel mengatakan “Kondisi ini menghambat penguapan yang mengakibatkan keracunan bila dihirup,”.

Gelgel menyebutkan bahwa reaksi semacam itu hanya akan terjadi apabila sianida telah dicampurkan dengan air yang memiliki suhu tinggi. Hal itu pernah dia lakukan ketiak membantu penyidik untuk melakukan rekonstruksi. Gelgel mengatakan bahwa dirinya tidak perlu mencoba pada saat ini. Hal ini sudah dia lakukan pada saat membantu rekonstruksi. Pada saat itu dirinya merasa pusing.

baca juga :

Berita Terkini: Jaksa Tanggapi Pemeriksaan Barang Bukti Kematian Mirna Tak Sesuai Peraturan Dalam Sidang Jessica Wongso !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here