Berita Terkini: Bank Indonesia (BI) Tarik Berbagai Uang Rupiah Ini Dari Peredaran, Ini Daftarnya !

0
2277
bank-bi
Copyright ©theinsiderstories

Berita Terkini: Bank Indonesia (BI) Tarik Berbagai Uang Rupiah Ini Dari Peredaran, Ini Daftarnya !

Indowarta.com – Bank Indonesia akan melakukan pencbutan dan penarikan terhadap uang pecahan rupiah. Dan hal ini sudah tertuang pada peraturan Bank BI Nomor 8/27/PBI/2016.

Dan dalam pencabutan dan penarikan kepada uang pecahan rupiah dalam peredaran ini juga memiliki jenis-jenis dari uang tersebut. Dan hal ini dilakukan tidak untuk semua uanhg pecahan rupiah yang sudah beredar di Indonesia.

Dalam penarikan dan pencabutan yang akan dilakukan oleh Bank BI ini hanyalah emapat pecahan uang kertas, dan ada tiga pecahan uang logam yang sudah dikeluarkan sejak dulu.

Jenis uang kerta yang akan ditarik dan dicabut adalah pecahan Rp 5.000, dengan tahun emisi 1992 dengan bergambarkan alat musik tradisionl, ialah alat musik sasando rote.

Selain itu, Bank BI juga akan melakukan hal serupa dengan pencabutan dan penrikan peredaran uang pecahan Rp 1.000 pada tahun emisi 1992. Uang pecahan ini berwarna biru dan memiliki gambar lompat batu dari Pulau Nias pada salah satu sisi mukanya.

Dan uang kertas dengan nilai Rp 500 dengan tahun emisi 1992, pecahan yang akan dicabut dan ditarik oleh Bank BI ini berwarna talar hijau dan memiliki gambar salah satu hewan yang khas dari Indonesia ialah hewa orang hutan.

uang
Copyright ©kompas

Selain itu, pencabutan dan penarikan oleh pihak Bank BI terhadap uang pecahan ketas Rp 100 dengan amisi 1992, uang ketas ini memiliki warna dasar merah dan memiliki gambar pada salah satu sisinya adalah kapal penisi yang ditarik.

Tidak hanya uang pecahan kertas yang akan dilakukan pencabutan dan penarikan oleh Bank BI, akan tetapi juga uang pecahan logam yang masih beredar dimasyarakat Indonesia.

Uang logam tersebut adalah RP 50 dengan Amisi 1991, tidak hanya itu ada uang logam Rp 5 dengan tahun emisi 1979 juga akan dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank BI.

“Bagi masyarakat yang masih memiliki uang pecahan emisi tersebut, penukaran masih dapat dilakukan di Bank Indonesia hingga 29 November 2016,” tulis bank sentral dalam pernyataan resminya di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Penukaran uang kertas dan uang logam tersebut yang ditarik dan dicabut peredarannya di masyarakat. Dan penukaran tersebut dalam dilkukan di seluruh kantor perwakilan (KPw) BI di Indonesia.

baca juga : Berita Hari Ini : Masih Jadi Managing Bank Dunia, Sri Mulyani Ditunjuk Sebagai Menkeu Hasil Reshuffle Kabinet Presiden Jokowi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here