Berita Terkini: Gempa 5.1 SR Guncang Pesisir Selatan Jawa Timur Hari Ini, Pusat Di Malang !

0
1060
Berita terkini: Terbukti 'Ramalan' Gempa Mentawai Terjadi Siklus 200 tahunan, Berikut Cara Mengamankan Diri !!

Berita Terkini: Gempa 5.1 SR Guncang Pesisir Selatan Jawa Timur Hari Ini, Pusat Di Malang !

Indowarta.com– Pada hari Kamis 22 September 2016 dini hari telah terjadi gempa bumi yang bermagnitudo sebesar 5,1 mengguncang wilayah di pantai Selatan Jawa Timur. Hingga saat ini masih belum ada laporan tentang kerusakan dan juga korban terkait dengan gempa yang terjadi ini.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Malang, Jawa Timur, Musripan mengatakan bahwa gempa telah terjadi sekitar pukul 01.07 WIB. Pusat gempar berada di laut sekitar 180 kilometer tenggara Kabupaten Pacitan pada teletak pada koordinat 9,07 derajat Lintang Selatan dan 111,50 derajat lintang Bujur Timur. Kedalaman gempat sendiri mencapai 10 kilometer. Gempa ini telah dirasakan di wilayah Kabupaten Pacitan sampai ke Ponorogo.

Musripan menyebutkan bahwa berdasarkan informasi dari BPBD Pacitan ke Stasiun Geofisika Yogyakarta, di daerah tersebut telah terjadi guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. Namun hingga saat ini masih belum ada lapran lebih lanjut mengenai dampak yang ditimbulklan oleh gempa bumi tersebut.

Gempa Bumi1

Masripan mengatakan bahwa kedalaman hiposenter telah menunjukkan bahwa gempa tersebut merupakan gempa bumi yang dangkal. Hal ini disebabkan oleh aktivitas subduksi antara lempeng Indo Australia yang menunjam ke lempeng Eurasia. Secara Seismik, zona Jawa memang merupakan zona  yang sangat aktif dan juga sering kali terjadi aktivitas gempa bumi yang dangkal.

Gempa yang terjadi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Oleh sebab itu Masripan meminta kepada warga Ponorogo dan juga pesisir Pacitan untuk tetap tenang.

Pada hari Minggu 18 September 2016 gempa bumi dari laut juga telah mengguncang pesisir selatan Jawa Timur sekitar pukul 10.27 WIB. Gempa yang memiliki kekuatan megnitudo 4,6 itu telah mengguncang pesisir Kabupaten Malang, Blitar, dan Tulungagung.

Pada saat itu, gempa terjadi di kedalaman hingga 45 kilometer pada koordinat 8,86 derajat LS dan juga 112,40 derajat BT atau berjarak 77 kilometer arah barat daya Kabupaten Malang. Belum ada laporan mengenai dampak dari gempa ini.

baca juga :

Berita Terkini: Eksploitasi Berlebihan Di Kawasan Konservasi Diduga Jadi Penyebab Utama Banjir Bandang Terjang Garut !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here