Berita Terkini: Pemerintah Prioritaskan Tanggulangi bencana Banjir Bandang Di Garut !

0
1014
banjir
Copyright ©tribunnews

Berita Terkini: Pemerintah Prioritaskan Tanggulangi bencana Banjir Bandang Di Garut !

Indowarta.com – Kepala  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Williem Rampangilei mengungkapkan, pihaknya akan memprioritaskan pembangunan perumahan bagai para korban banjir di Garut.

Hal ini dilakukan oleh pihaknya karena agar masyarakat yang menjadi korban banjir di Garut dapat memiliki hunia yang layak untuk mereka tinggali. Dan mereka juga tidak boleh terlalu lama dalam pengungsian.

“Penanganan pengungsi harus secara baik, pengungsi ini tak boleh terlalu lama di pengungsian,” kata Willem saat meninjau lokasi banjir di Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (22/9).

Seluruh bangunan yang telah terkena dampak dari banjir di Garut tersebut harus seger di identifikasi jumlahnya, hal ini dilakukan baik bangunan rumah penduduk maupun fasilitas umum.

Selajutnya setelah dat terkumpul, maka akan dilakukan vertivikasi untuk membedakan mana bangunan yang termasuk dalam kategori rusak berat dan rusak ringan, dan ini masih dilakukan identifikasi dari para rumah korban dari bencana banjir di Garut.

“Setelah menerima informasi, kita lakukan verifikasi rumah-rumah yang rusak,” sambungnya.

Williem juga menambahkan, bahwa pihak dari BNPB yang masih melakukan tanggapan darurat bagi korban bencana alam banjir di Garut, dan hal ini direncanakan akan berlansung selama 14 hari, dan dimulai sejak terjadinya bencana.

banjir-di-garut
Copyright ©okezone

Dia juga mengatakan, penetapan waktu yang telah diberikan oleh BNPB untuk menangani bencana banjir di Garut ini dapat diperpanjang. Hal ini sesuai dengan situasi dan kondisi dilokasi kejadian memungkinkan untuk melaksanakan tugasnya.

” Tanggap darurat 14 hari, kita lihat pengembangannya, kalau misalkan perlu diperpanjang, kita lakukan,” ujarnya.

Dalam keterangannya kala itu, pihaknya telah menerjunkan beberapa bantuan sumber daya manusia untuk penanganan banjir di Garut. Dan pemerintah pusat melalui BNPB yang telah mengeluarkan dana sebesar Rp 400 juta yang telah ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Garut.

Dan tersebut untuk operasional dalam penanganan korban bencana banjir di Garut, agar cepat terselesaikan dan warga Garut dapat memiliki hunian yang layak untuk mereka temapati sehari-hari. Bantuan untuk korban banjir ini juga datang dari instasi-instasi lainnya untuk biaya operasional.

baca juga : Berita Terkini: Risma Kirimkan Bantuan 1 truk Untuk Korban Bencana Banjir Di Garut !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here