Berita Terkini: Bos FB Sumbangkan Rp39 triliun Untuk Penelitian Medis

0
1273
fb
Copyright©liputan6

Mark Zuckerberg Beserta Dengan Sang Istri Akan Memberikan Dana Sumbangan

Indowarta.com– Dana sebesar US$3 miliar atau sekitar Rp39 triliun telah disumbangkan Pendiri fb, Mark Zuckerberg, dan istrinya, Priscilla Chan untuk penelitian medis. Di dalam sebuah konferensi pers yang telah digelar di San Franscisco, mereka berdua telah mengatakan bahwa tujuan mulianya ini untuk menyembuhkan, mencegah atau mengendalikan semua penyakit pada akhir abad ini.

Dana Sumbangan tersebut akan disalurkan oleh yayasan yang mereka dirikan pada Desember 2015 yakni Chan Zuckerberg Initiative. Para petinggi perusahaan teknologi kini semakin banyak memperhatikan masalah kesehatan.

Pada awal pekan ini, perusahaan raksasa teknologi yakni Microsoft mengatkana bahwa pihaknya telah memiliki rencana untuk memecahkan masalah kanker dengan menggunakan alat kecerdasan buatan atau yang disebut dengan artificial intelligence (AI).

WAJIB BACA :  Sindikat Saracen Dibongkar, tersangka Akhirnya Buka Suara!

Sebuah unit bagian dari Google yakni DeepMind telah bekerja dengan Badan Kesehatan Inggris yakni NHS untuk membantu para ahli klinis dalam memperbaiki layanan kesehatan untuk para manula dan juga pasien difabel. Walaupun demikian, rencana Chan Zuckerberg ini telah menjadi tanda ambisinya.

Zuckerberg mengatakan bahwa pada akhir-akhir ini uang yang telah dihabiskan untuk merawat orang saki dibanding menyembuhkan penyaki yang kemungkinan menghentikan merea dari jatuh sakit sebesar 50 persen. Menurut Zuckerberg, hal tersebut memang perlu diubah.

fb
Copyright©kapanlagi

Dia telah menguraikank tiga prinsip yang akan menjadi panduan untuk mereka. Tiga prinsip tersebut adalah :

  • melibatkan para imuwan dan insinyur secara bersama-sama
  • membangun peralatan dan teknologi untuk memajukan penelitian
  • menumbuhkan gerakan untuk menyumbang lebih banyak lagi ilmu pengetahuan di seluruh dunia
WAJIB BACA :  Grup FB Saracen, Sindikat Pembuat Meme Berisi Ujaran Kebencian dan Sara!

Chan mengatakan bahwa mereka kini telah berkomitmen untuk mengeluarkan dana sebesar USD 600 juta atau setara dengan Rp 7,8 trililun untuk membuat sebuah pusat riset baru yang disebut dengan Biohub. Dalam pusar riset baru tersebut akan ada ahli insinyur, komputer, biologi, kimia dan para inovator lainnya.

Rencananya Biohub ini akan melakukan dua proyek. Yang pertama adalah mereka akan membuat cell Atlas yaitu sebuah peta yang akan mendeskripsikan tentang tipe-tipe sel yang mengontrol organ terutama adalah tubuh.

Sedangkan proyek yang kedua adalah Infectious Disease Initiative. Proyek ini akan berupaya untuk mengembangkan serangkaian tesn dan vaksin untuk mencegah HIV, Ebola, Zika dan penyakit-penyakit baru lainnya.

baca juga :

Kembangkan Virtual Reality, Facebook (FB) Bangun Markas Besar Oculus !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here