Berita Terkini : Sidang Uji Materi Ahok atas Pasal Cuti Kampanye Dilanjutkan Pagi Ini !

0
992
Ahok

Berita Terkini : Sidang Uji Materi Ahok atas Pasal Cuti Kampanye Dilanjutkan Pagi Ini !

Indowarta.com– Sidang Gugatan uji materi Pilkada yang telah diajukan oleh Gubernur DKI Jakarta yakni Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa dengan nama Ahok ini akan dilanjutkan di Mahkamah Konstitusi (MK) pada pagi hari ini. Pada persidangan yang akan digelar tersebut, Ahok kini kembali akan menghadirkan tiga saksi ahli di MK.

Keterangan dari tiga ahli tersebut akan dihadirkan Ahok untuk mendukung gugatan yudisial review terhadap pasal cuti kampanye pertahana UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Ketua Hakim Konstitusi, Arief Hidayat, di MK, Jakarta, pada hari Kamis 15 September 2016 mengatakan bahwa sidang lanjutan akan dilaksanakan pada pukul 11 siang.

WAJIB BACA :  Beda Anies Baswedan dan Ahok Perlakukan Tim Gubernur Bentukan Jokowi!

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah mengajukan judicial review atau uji materi tentang Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah ke Mahkamah Konstitusi. Dalam ajuannya tersebut, Ahok telah meminta agar pasal yang mengatur tentang calon pertahana wajib cuti selama masa kampanye tersebut untuk diubah.

Menurut Ahok, langkah yang sudah diambil ini bukan bermaksud untuk tidak menghargai UU. Ahok merasa yakin bahwa uji materi yang dilakukannya ini merupakan langkah yang sudah sesuai dengan kosntitusi dan menghormati UU. Ahok menginginkan adanya tafsiran baru yang akan menjadi jembatan apabila ada pertahana yang tidak ingin mengajukan cuti.

ahok
Copyright ©liputan6

Ahok mengatakan bahwa dirinya sudah melaksanakan konstitusi. Di dalam konstitusi tersebut juga sudah disebutkan bahwa orang yang bisa melakukan judicial review ini adalah orang yang berkaitan secara langsung.

WAJIB BACA :  Beda Anies Baswedan dan Ahok Perlakukan Tim Gubernur Bentukan Jokowi!

Ahok mengatakan “Saya dukung petahana harus cuti, tapi maksud saya harus ada satu tafsiran yang sama, dan yang bisa menjembatani MK. Lebih penting saya bekerja tiga bulan, Kamu mau sia-siakan tiga bulan?”.

Selaku pejabat publik, Ahok merasa bahwa dirinya mempunyai tanggung jawab kepada masyarakat Provinsi DKI Jakarta untuk memastikan bahwa program unggulannya berjalan dengan baik. Menurut Ahok, penafsiran yang menyebutkan bahwa cuti adalah suatu kewajiban ini tidak wajah karena cuti merupakan suatu hak seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

baca juga :

Berita Terkini: PDIP Tegaskan Tak Ada Mahar Politik Untuk Pasangan Ahok dan Djarot Di Pilgub DKI, Yakin?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here