Berita Hari Ini : Status Gunung Bromo Naik Siaga, Akses Taman Nasional Masih Dibuka ?

0
1804
Gunung Bromo

Berita Hari Ini : Status Gunung Bromo Naik Siaga, Akses Taman Nasional Masih Dibuka ?

Indowarta.com– Pusat Vulakonologi Mitigasi dan bencana Geologi (PVMBG) kini telah kembali menaikkan status dari Gunung Bromo yang awalnya waspada menjadi siaga pada hari Senin pagi 26 September 2016. Sementara itu otoritas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih belum memutuskan untuk menutup akses ke lautan pasir Bromo atau tidak.

Fariana yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Wilayah I mengatakan bahwa status Gunung Bromo kini telah naik menjadi siaga semenjak pukul 06.00 WIB pada Senin ini. Pihaknya sendiri hingga saat ini masih belum mengambil keputusan tutup laut pasir gunung Bromo. Hal ini masih terus dipantau.

Dia mengatakan bahwa keputusan akan dibuat pada hari Selasa ini untuk ditutup akses ke lautan pasir Bromo atau tidak. Keputusan akan dikeluarkan setelah melakukan pengecekan di lapangan bersama dengan BPBD dan juga PVMBG.

Para wisatawan sendiri kini masih bisa menikmati pemandangan Bromo dengan semburan asap dari kawahnya di dalam radius aman. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa status siaga. Masyarakat sekitar, pengunjung, dan juga para wisatawan dihimbau agar tetap tenang dan tidak memasuki kawasan dalam radius 2,5 kilometer dari kawah aktif Bromo.

Gunung Bromo

Masyarakat harap tenang dan tidak terpancing dengan kabar yang menyebutkan erupsi Gunung Bromo. Masyarakat diharapkan untuk terus waspada terhadap kejadian erupsi yang semakin meningkat. Hingga saat ini BNPB masih terus berkoordinasi dengan PVMBG, BPBD Jawa Timur, BPBD Probolinggo, Malang, dan Pasuruan tentang aktivitas Gunung Bromo. Saat ini masih belum ada aktivitas pengungsian, dalam radius 2,5 kilometer hanya ada lautan pasir dan tidak ada pemukiman warga.

Selain itu hal ini juga bisa disebut sebagai peluang daya tarik tersendiri dari Gunung Bromo. Tidak perlu begitu takut asalkan masih dalam tempat yang aman yakni diluar radius 2,5 kilometer. Material vulkanis yang keluar dari kawah Bromo seringkali membentuk berbagai karakter, seperti harimau, wayang, elang, payung, hingga munculnya pelangi sesaat setelah dentuman dan kepulan asap keluar dari kawah.

baca juga :

Berita Hari Ini : Dianggap Tidak Maksimal, Taufik Hidayat Kritik PON 2016 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here