Berita Jokowi Hari Ini : Dorong Pertumbuhan UMKM, Presiden Jokowi Permudah E-Commerce dan Start-up !

0
812
Jokowi
Copyright©majalahpajak

Berita Jokowi Hari Ini : Dorong Pertumbuhan UMKM, Presiden Jokowi Permudah E-Commerce dan Start-up !

Indowarta.com– Untuk mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), E-Commerce akan menjadi andalan pemerintah. Di dalam rapat yang telah digelar di  Kantor Presiden pada hari Selasa 27 September 2016 telah dibahas beberapa peluang untuk mendorong tumbuhnya penjualan dari produk UMKM.

Di dalam rapat yang telah digelar tersebut, Presiden Joko Widodo telah meminta kepada para menteri untuk melakukan beberapa hal guna meningkatkan transaksi e-commerce. Hal yang akan dilakukan tersebut misalnya adalah membangun jembatan antara platform logistik dunia dan juga produk UMKM di kawasan perkampungan atau perdesaan.

Indonesia seharusnya memiliki platform sendiri untuk E-commerce. Kemudian platform tersebut bisa ditempelkan ke aplikasi yang sudah ada pada saat ini seperti BBM dan lain-lain. Dengan cara begitu, diharapkan akan menjadi lebih mandiri dan tidak perlu adanya akuisisi oleh platform lain seperti Alibaba yang sudah membeli sebagian besar saham di Lazada.

Jokowi mengatakan bahwa platform yang mandiri itu juga sangat penting. Platform tersebut akan didordong untuk memasarkan produk dari para pelaku UMKM yang sudah tersebar di seluruh pelosok tanah air. UMKM sekecil apapun pada nantinya akan terfasililtasi untuk penjualan secara online.

Jokowi
Copyright©bisnis

Tidak hanya itu saja, Jokowi juga meminta adanya terobosan yang baru untuk membantu para pelaku bisnis pemula. Jokowi mengatakan ”Saya minta pelaku bisnis pemula, start-up, diprioritaskan, difasilitasi, untuk mendapat akses permodalan,”. Dengan begitu, diharapkan bahwa bisnis yang mereka bangun akan bisa tumbuh dan juga berkelanjutan.

Untuk mendukung perkembangan industri e-commerce, Jokowi juga meminta agar dilakukan regulasi besar-besaran. Pelatihan dan juga pengembangan kapasitas di bidang tersebut juga harus diperbanyak lagi. Dengan begitu, akan banyak peserta start up yang akan bisa ikut bersaing di dalam dunia bisnis.

Sementara itu beberapa langkah juga telah dipersiapkan oleh Menkominfo yakni Rudiantara. Salah satu upayanya adalah membangun inftastruktir berupa broadband maupun cyber security dan tidak ketinggalan juga Palapa Ring. Selain itu pihaknya juga telah menyusun road map.

baca juga :

Berita Hari Ini : Siap Saingi WhatsApp, Google Allo Tembus 1 Juta Unduhan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here