Berita Hari Ini: Lagi.. Gempa Guncang Alor, NTT 3,6 SR- Berikut Rentetan Gempa Sejak Selasa !!

0
976
gempa bumi

Berita Hari Ini: Lagi.. Gempa Guncang Alor, NTT 3,6 SR- Berikut Rentetan Gempa Sejak Selasa !!

Indowarta.comGempa Bumi mengguncang Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan kekuatan 3,6 SR.

Sumawan, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas 1 menuturkan gempa bumi terjadi pada hari ini, Rabu 24 Februari 2016, tepat pukul 11.46.39 WITA.

Pusat gempa bumi diketahui berlokasi pada 6,96 Lintang Selatan (LS) – 124,23 Bujur Timur (BT). Dengan pusat gempa bumi di barat laut (BL) Alor, sekitar 152 Km. tepatnya dengan kedalaman 10 KM di atas permukaan laut.

Masih di ternate, gempa bumi sembat menggetarkan Maluku Utara (Malut) dengan kekuatan 5,1 Skala Richter (SR). meski begitu gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan pantauan dari BMKG, gempa terjadi pukul 03.47 WIB. Dengan pusat pada 26 KM arah timur Laut dari Ternate. Tepatnya pusat gempa berada dalam kedalaman 10 KM.

Atas apa yang terjadim BMKG menginformasikan tidak ada peringatan tsunami. Hingga kini juga belum diterima adanya laporan korban akibat bencana yang terjadi.

gempa bumi.

Sebelumnya pada Rabu dini hari yaitu pukul 04.31 WITA, gempa bumi Magnitudo juga mengguncang Kabupaten Sumba Timur. Gempa bumi tersebut berkekuatan 2,6 SR.

Gempa Bumi tersebut terjadi di lokasi 10,36 Lintang Selatan (LS) – 120,39 Bujur Timur (BT) ]. Pusat gempa berada di arah Tenggara Kabupaten Sumba Timur. Sedangkan kedalam gempa berada 18 KM di atas permukaan laut.

Pada hari Selasa 23 februari 2016, gempa bumi juga mengguncang Kabupaten Nagekeo, NTT. Gempa bumi tersebut berkekuatan 4 SR terjadi sore hari waktu setempat. Tepatnya pukul 16.40 WITA.

Pusat gempa tepat berada di 7,5 derajat Lintang selatan (LS) dan 121,17 derajat Bujur Timur. Dengan lokasi gempa 573 kilomete.

Ternyata pusat gempa sekitar 131 KM barat laut arah Kabupaten Sikka. Beruntung sekali, gempa tersebut tidak menimbulkan korban. Hal ini diketahui taka da laporan mengenai kerusakan bangunan maupun korban jiwa.

Semoga rentetan gempa di NTT segera usai dan tidak menimbulkan korban.

baca juga :

Berita Terkini: Gempa Bumi Guncang Papua Nugini 6,4 SR, Tak Berpotensi Tsunami!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here