Lewat Video Youtube Ini, Fakta Dibalik Film G30SPKI Akhirnya Terkuak !

0
2603
g30spki
Copyright ©riaulive

Lewat Video Youtube Ini, Fakta Dibalik Film G30SPKI Akhirnya Terkuak !

Indowarta.comG30SPKI dulu kala ketika Indonesia masuk pada tanggal 30 September, masyarakat diharuskan untuk mayarakat melihat bagaimana keganasan dari PKI dalam memberantas para jendral dalam sebuah film.

Film tersebut bertajuk “pengkianatan G30SPKI”yang pasti akan ditayangkan dalam stasiun televisi TVRI yang masih menjadi TV milik pemerintah kala itu. Film ini adalah karya dari Arifin C Noer yang akan tayang setiap 30 September pada jam 10.00 Wib.

Dan film G30SPKI ini juga sempata merajai perfilman di Indonesia, dan dana yang telah dikeluarkan untuk pembuatan film ini sebesar Rp 800 juta, dan pada saat itu menjadi film dengan dana terbesar dengan durasi 3 jam 37 menit.

Dan telah melibatkan 10 riauan pemeran yang juga ada seorang figuran dan menjadi film terbaik dalam masa itu. Dan fil ini juga telah di rujuk pada sebuah buku yang berjudul “Percobaan Kudeta Gerakan 30 September di Indonesia”.

Pada ajang Festival Film Indonesia, film G30SPKI ini masuk dalam 7 kategorinya padan tahun 1984. Akan tetapi, hal tersebut hanya bisa menyandang satu piala saja kala itu, yaitu dengan film penjualan terbaik yang ada di Indonesia.

youtube
Copyright ©youtube

Dan ada beberapa fakta menarik terkait dengan film G30SPKI, dan berikut adalah fakta yang ada dalam salah satu film terbaik Indonesia ini :

1. Film G30SPKI wajib untuk ditonton

Pada jaman Presiden Soeharto yang telah menunjuk TVRI untuk menayangkan film ini kepada masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, juga telah memberikan peringatan untuk wajib dilihat. Salah satunya bagi mereka yang masih pelajar untuk dapat mengenang sejarah Indonesia sehingga wajib dilihat pada Orde Baru.

2. Propaganda Orba terkait dengan bahaya laten komunis.

Film yang telah diproduseni oleh Nugroho Notosusanto telah menjadi film yang pertama kali dilihat oleh Presideng Suharto kala itu. Karena beliau adalah salah satu saksi dari sejarah masa G30SPKI.

Bahkan, pada saat itu Presiden Soeharto berharap kepada masyarakat Indonesia untuk dapat melihat sendiri bagaimana kekejaman yang ditunjukkan PKI, karena mereka seperti memberantas bangsanya sendiri.

3. Melenceng dari sejarah

Setelah enam tahun berselang, akhirnya film tersebut telah dirilis kepada masyarakat Indonesia,akan tetapi ada kritikan pedas dari salah satu akun yang tidak bernama, akun tersebut mempertanyakan apakah benar sejarah tersebut karena memperlihatkan Jendral yang dihukum tanpa ada proses pengadilan.

4. Memperlihatkan aksi kesadisan

Dalam film G30SPKI ini memang banyak menampilkan kesadisan seperti melukai dengan silet, penyiksaan, ditembak, hingga di masukkan lubang buaya. Dan salah satu penggalan percakapan yang mengatakan “Darah itu merah jenderal bagaikan amarah”.

baca juga : Berita Terkini: Begini Sejarah Mengenai G 30 S PKI, Sehingga Muncullah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Besok !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here