Berita Terkini: Inilah Geng Macan Pentolan Kalijodo Sebelum Daeng Aziz, Bagaimana Kisahnya ?

0
2735

Berita Terkini: Inilah Geng Macan Pentolan Kalijodo Sebelum Daeng Aziz, Bagaimana Kisahnya ?

Indowarta.com– Sebelum Daeng Aziz menjadi penguasa sejak tahun 2002 hingga sekarang, Geng Macan yang berasal dari Mandar lebih dahulu berhasil eksis di kawasan Kalijodo sejak tahun 1992.

Geng macan merupakan singkatan dari Mancar Macanga yang berarti itu artinya Mandar Pemberani yang dipimpin tokoh asar Tanah Mandar Sulawesi Barat seperti Usman, Ali Hatta, Aziz Mandar, Agus, riri serta Udin Gondrong.

Kekuasaan Geng Macan mulai berlahan sirna kala bentrok di Kalijodo pada tahun 2002 lalu. Kala itu terjadi bentrokan antara Geng Mandar melawan Kelompok Makassar, Banten, dan Kulon yang mengakibatkan puluhan orang terluka dan ratusan Kios hangus terbakar api.

Udin Gondrong yang juga mantan dari panglima Geng Macan yang kini menetap di Mappilli Barat Polewali Mandar mengatakan bahwa di era 1992 dan 20012 ia memimpin sekitar 800 pemuda asal Mandar untuk menjaga kawasan Kalijodo. Udin juga dikenal sebagai Udin Gondrong yang rambutnya panjang hingga Pinggang seperti penampilan layaknya musisi Rock.

Udin Juga menyebutkan bahwa saat ini Mandar dikeroyok oleh Geng Makasar yang bersekutu dengan Geng Banten dan Geng Kulon. Polsek Penjaringan yang ketika itu dikepalai oleh Krishna Murti melakukan mediasi di tengah bentrok susulan.

Daeng Aziz

Udin juga menuturkan bahwa kala itu Daeng Aziz yang sekarang tenar sebagai penjaga Kalijodo belum ada apa – apanya. Memang ketika itu, Kelompok Makasar sudah memulai berhgabung di Bisnis tempat Hiburan Malam di Kalijodo yang sudah beroperasi sejak Zaman penjajahan Belanda tersebut.

Setelah Geng Mandar mundur dari Kawasan Hiburan Malam tersebut, Udin kembali ke Kampung halamannya di tanah Mandar. Saat ini ia aktif di lembaga pengkajian dan bombingan teknis Mitra DPRD Sulawesi Barat.

Lembaran sejarah hidup dari Geng Mandar yang dipimpin oleh udin di KAlijodo sudah ia lupakan. Ia kini sudah hidup tenang sang istri dan 7 putra menyongsong masa depan yang lebih baik dari hari sebelumnya kala ia masih menjadi Preman di Kalijodo dan menjadi penguasa di daerah Hiburan malam tersebut selama beberapa tahun.

baca juga : Berita Terkini Kalijodo: Mengintip Catatan Rapi Jurangan Pekerja ‘Esek-Esek’ Kalijodo, Inilah Tanda Usai Pelayanan!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here