Mengingat Kembali Sejarah 1 Oktober yang Diperingati Sebagai Hari Kesaktian Pancasila !

0
4714
hari-kesaktian-pancasila
Copyright ©berdikarionline

Mengingat Kembali Sejarah 1 Oktober yang Diperingati Sebagai Hari Kesaktian Pancasila !

Indowarta.com – Pada 1 Oktober Indonesia telah memperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dan hal ini telah dicetuskan oleh Jendral Soeharto dalam rangka untuk melakukan terhadap Pancasilayang pada masa pemerintahan Soekarno.

Dan Pancasila sendiri lahira pada 1 Juni 1945 yang Soekarno sebagai penggalinya. Dan sang penggali ini tidak pernah melakukan Pancasila sebagai pusaka yang sakti, sehingga telah dilahirkan pada hal yang wajar dan sesuai dengan keadaan yang ada kala itu.

Akan tetapi dalam ada pengembangan selama masa pemerintahan Bung  Karno, dan Pancasila telah diterima oleh bangsa Indonesia untuk dijadikan dasar negara yang berbangsa dan bernegara.

Dan Hari Kesaktian Pancasila ini telah cetuskan untuk mengingat pahlawan yang telah berjuang dengan melawan pemberontakan kaum reaksione DI/TII, PRRI/Permesta dengan tindakan mereka yang telah membentuk Dewan Gajah, Dewan Banteng dan kemudian telah dihancurkan oleh Rakyat.

Dan dengan ini Pancasila telah diterima oleh rakyat sehingga di lahirkan Hari Kesaktian Pancasila yang sampai saat ini diperingati olrh rakyat Indonesia.  Akan tetapi, dari pendukung dari Pancasila tersebut belum mengetahui makna secara jelas, akan tetapi mereka sangat mencintai Pancasila dan penggalinya Bung Karno.

G 30 S PKI
Copyright©okezone

Dan hal inilah yang telah dimanipulasi oleh Jendral Soeharto dan para Jendral-Jendral lainnya yang berada di Angkatan Darat. Mereka melakukan pengkhianatan dan menghancurkan Pancasila dan penggalinya.

Pada tanggal 1 Oktober 1965 dini hari, ialah hari dari kebangkitan Gerakan Tigapuluh September atau G30S, setelah salah seorang yang jadi pelaku yang juga sahabat terdekat dari Soeharto yaitu Kolonel Latif, dia telah melaporkan rencananya kepada Soeharto.

Dan pada hari 1 Oktober ini lah telah di dijadikan Hari Kesaktian Pancasila karena ini merupakan hari keselamatan bangsa Indonesia dari malapetakan G30S. dan Pancasila yang sangat dicintai oleh rakyat Indonesia telah berhasil diselamatkan.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati sampai saat ini untuk mengenang  jasa para pahlawan yang telah berkorban dalam melakukan perjuangan demi Indonesia. Sehingga Indonesia berhasil mengalahkan pemberontakan yang telah terjadi pada waktu itu.

baca juga : Berita Terkini: Begini Sejarah Mengenai G 30 S PKI, Sehingga Muncullah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Besok !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here